KUALITAS LKPD KONTEKS PERMAINAN MENYUSUN ANGKA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK DILIHAT DARI VALIDITASNYA

Aisyah Khumairoh, Hapizah Hapizah, Cecil Hiltrimartin

Abstract


Abstrak: Computational thinking (CT) merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik pada abad 21. Computational thinking adalah kemampuan yang menuntut peserta didik dalam memecahkan permasalahan dengan teratur dan logis. Hal ini sejalan dengan tujuan pembelajaran matematika yakni untuk mengembangkan pola pikir logis, rasional, kritis, kreatif, sistematis, dan praktis. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mendukung kemampuan computational thinking peserta didik adalah Student Worksheet atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan validitas lembar kerja peserta didik dengan konteks permainan menyusun angka untuk mendukung kemampuan computational thinking peserta didik. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan secara kuantitatif dengan cara pengisian lembar penilaian validasi. Teknik deskriptif digunakan karena penelitian ini mendeskripsikan validitas lembar kerja peserta didik. Sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan proses analisis menggunakan tabel kriteria validitas, baik dari segi isi/konten, konstruk maupun bahasa. Adapun hasil skor rata-rata LKPD dari segi konten ialah 4,8, dari segi konstruk adalah 4,75 dan dari segi bahasa adalah 4,416. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid.
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Matematika, Validitas, Computational Thinking

Abstract: Computational Thinking (CT) is one of the abilities that students must master in the 21st century. Computational thinking is an ability that requires students to solve problems in an orderly and logical manner. This is in line with the aim of learning mathematics, namely to develop logical, rational, critical, creative, systematic and practical thinking patterns. One of the media that can be used to support students' computational thinking abilities is the Student Worksheet (LKPD). The purpose of writing this article is to describe the validity of student worksheets in the context of a number arranging game to support students' computational thinking abilities. The data used in this research was analyzed descriptively and quantitatively by filling in a validation assessment sheet. Descriptive techniques are used because this research describes the validity of student worksheets. Meanwhile, the technique used is a quantitative technique with an analysis process using a validity criteria table, both in terms of content, construct and language.
Keywords: Student Worksheets, Mathematics, Validity, Computational Thinking

Full Text:

PDF

References


Akker, Jvd, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen. (2006). Educational Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.

Bebras. (2021). Bebras Indonesia. Retrieved from Tentang Bebras Indonesia.

Bower, M., Wood, L. N., Howe, C., & Lister, R. (2017). Improving the Computational Thinking Pedagogical Capabilities of School Teachers. Australian Journal of Teacher Education, 42(3), 53–72.

Fauzan, H. & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURRIPEN: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163 -175.

Imran, B., Hunaepi, H., & Fitriani, H. (2022). Validitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8 (1), 137-147.

Ningsih, W., yani, A. ., & wati, E. (2022). Tantangan Dan Kesulitan Guru, Orang Tua Dan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19: Indonesia. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1-7.

Nurulaeni., F. & Rashma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1).

OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing

Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17 (1).

Praswoto, Andi. (2010). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press

Susanti, S. (2022). Efektivitas LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 2(2).

Tsai, M., & Tsai, C. 2017. Applying online externally-facilitated regulated learning and computational thinking to improve students ‟ learning. Universal Access in the Information Society, 17(4), 811-820.

Voskoglou, M. G., & Buckley, S. 2012. Problem solving and computational thinking in a learning environment. arXiv preprint arXiv:1212.0750.

Widoyoko, E., P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wing, J. M. (2010). Computational Thinking: What and Why? Unpublished Manuscript, Pittsburgh, PA: Computer Science Department, Carnegie Mellon University.

https://www.cs.cmu.edu/~CompThink/resources/TheLinkWing.pd

Wirmayani, P., & Supriyadi. (20217). Pengaruh Yoga Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak Sd Negeri Di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(2), 460 – 473.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.