KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOROH

Elyariza Devy Aulia Firdaus, Andayani Andayani, Muhammad Rohmadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan jenis kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 2 Toroh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang di dalamnya terdapat kesantunan. Sumber data pada penelitian tersebut diperoleh dari peristiwa tutur dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP N 2 Toroh. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi, simak, catat, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis prinsip kesantunan yang ditemukan dalam proses pembelajaran, yakni maksim kebijaksanaan, .maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kerendahan hati, maksim kemufakatan, dan maksim kesimpatian. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis prinsip kesantunan bahasa yang paling banyak ditemukan ialah maksim kemufakatan. Kata kunci: prinsip kesantunan, pembelajaran bahasa
Abstract: This study aims to describe and explain the types of language politeness in Indonesian language learning in Class VIII of SMP Negeri 2 Toroh. The research method used is qualitative research with descriptive approach. The data used in this study are in the form of teacher and student utterances in Indonesian language learning in which there is politeness. The data source in the study was obtained from speech events in Indonesian language learning in class VIII SMP N 2 Toroh. The techniques used in collecting data are observation, listening, note taking, and interview. The results showed that the types of politeness principles found in the learning process, namely the maxim of wisdom, the maxim of generosity, the maxim of appreciation, the maxim of humility, the maxim of agreement, and the maxim of sympathy. Based on the results of the study, it can be concluded that the most common type of politeness principle is the maxim of agreement. Keywords: principles of politeness, language learning.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Novia, Rahayu, Ngudining, & Djunaidi, Bambang. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1), 42-54.

Arta, I Made Rai. (2016). Prinsip Kerjasama dan Kesantunan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Palapa, 4(2), 139-151.

Astiani, Sri, & Sugiarto. (2016). Prinsip Kesantunan Berbahasa dan Implikatur dalam Kegiatan Diskusi Siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Besar. Jurnal Kependidikan, 1(1), 72-91.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Bahasa. Rhineka Cipta.

Nababan, PWJ. (1987). Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapan). Depdikbud.

Rahardi, Kunjana. (2009). Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Yule, George. (1996). Pragmatic


Refbacks

  • There are currently no refbacks.