PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR & PEMAHAMAN SAINS MELALUI PENDEKATAN CRT BERBASIS PERMAINAN

Kurnia Sari, Fatchun Alim, Baarid Nur Khasanah

Abstract


Abstrak: Motivasi belajar menjadi salah satu pendorong utama dalam peningkatan hasil belajar khususnya pada aspek pemahaman sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman sains pada topik unsur dan senyawa menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan metode permainan. Penelitian dilaksanakan di SMP N 1 Colomadu yang melibatkan peserta didik kelas VIII A tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan, dan refleksi. Data motivasi belajar didapatkan melalui observasi sedangkan pemahaman sains diperoleh melalui tes sumatif yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif deskriptif untuk mengevaluasi motivasi belajar dan pemahaman sains pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan metode permainan dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman sains peserta didik secara signifikan. Keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran pada topik unsur dan senyawa memberikan gambaran mengenai peningkatan motivasi belajar IPA, sementara pemahaman sains yang mendalam tercermin dari peserta didik yang mampu menganalisis konsep level makroskopik pada siklus 1, dan meningkat ke level submikroskopik pada siklus 2. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi aspek budaya dan permainan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi akademik peserta didik.
Kata Kunci: Motivasi belajar, pemahaman sains, Culturally Responsive Teaching, permainan

Abstract: Learning motivation is one of the important factors in improving learning outcomes, particularly in the understanding of science. The research aims to enhance students’ learning motivation and understanding of science.on the topic of element and compound using the Culturally Responsive Teaching approach with game-based methods. The method in this research is classroom action research carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. Learning motivation data was obtained through observation, while understanding of science was measured through summative test conducted at the end of each cycle. Data analysis used descriptive quantitative and qualitative method to evaluate learning motivation and understanding of science in each cycle. The results of this research show that the application of the Culturally Responsive Teaching approach with game-based method can significantly improve students’ learning motivation and understanding of science. Students actively participated in the learning process. It provides an overview of the improvement in learning motivation. Students’ ability to analyze concept in the macroscopic level in the first cycle which then progressed to the submicroscopic level in the second cycle, reflected an improvement in their understanding of science. This research implies that integrating cultural aspects and games in the learning process can enhance the quality of learning and students’ academic performance.
Keywords: Learning motivation, understanding of science, culturally responsive teaching, games

Full Text:

PDF

References


Anderson, L dan Krathwohl, D. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggi L., Titin S., & Budiwati. (2023). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 12 No. 3, September 2023, 83 - 91

Dinik T. S. M., Astuti B. L., & Novi R. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Dengan Alat Evaluasi Berbasis Kearifan Lokal Kesenian Gamelan Pada Materi Getaran dan Gelombang. Seminar Nasional IPA XIII Universitas Negeri Semarang.

Erika, T. (2018). Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Peserta Didik pada Sub Materi Aplikasi Tekanan pada Makhluk Hidup. Pensa-ejournal. Volume 06 Nomor 02 Tahun 2018, 78-83

Fitria, Sitti S., Suriyanti T., & Djumriah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching di SMP Negeri 1 Pallanga. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol 5, No 2, Mei-Agustus, 2023

Titin T., & Dodi J. (2023). Pengaruh Pendekatan CRT dalam Meningkatkan Hasil dan Motivasi BelaJunika Mjar Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. Volume 9 Nomor 1 Tahun 2024

Hemaliawati, S. (2023). Penggunaan Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Di SMK. Konstanta : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(4).

Ibrahim Nana Syaodih S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Junika M., Titin T., & Dodi J. (2023). Pengaruh Pendekatan CRT dalam Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. Volume 9 Nomor 1 Tahun 2024

Kurniawan A. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Metode Permainan See Our Feet pada Siswa Kelas VB SD Deresan Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 7 Tahun ke-4 2015

Muarif, Sugiarti, & Febrianti, H. (2024). Penerapan Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Binary : Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 1(1), 15–19.

Nilawati, I., Ramlawati, Hasan, N. R., & Umar, M. (2023). Penerapan Game Solar System Untuk Meningkatkan Motivasi. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 976–981.

Samatowa, Usman. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Subhanadri. (2018). Upaya Meningkatkan Proses dan Hasil belajar Siswa Menggunakan Metode Pitcure and Pitcure dalam Pembelajaran IPA Kelas III SDN 105/II Desa Rambah. Jurnal Tunas Pendidikan Vol.1 No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.