PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 COLOMADU

Fakhrunnisa Nur Hidayati, Cucianingsih Cucianingsih, Gilang Bayu Saputro, Imron Arya Kamaludin

Abstract


Abstrak: Minat belajar merupakan suatu modal awal yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk berperan aktif selama proses pembelajaran, sehingga peserta didik termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik kelas VII F di SMP Negeri 1 Colomadu pada mata pelajaran IPA. Faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah materi yang sulit, peserta didik yang tidak tertarik dengan mata pelajaran IPA, serta model pembelajaran dimana sebagian besar belum berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman sains dengan mengimplementasikan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2023/2024 materi Sistem Tata Surya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2023/2024 berjumlah 30 peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis data berupa analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi penyebaran angket dan observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman sains peserta didik. Implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada pengelompokkan peserta didik dan pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sesuai minat belajar yang sama dapat meningkatkan minat belajar serta keaktifan peserta didik. Peningkatan juga dapat dilihat pada pemahaman sains, dimana pada siklus satu sebanyak 68% peserta didik sudah memahami mengenai Sistem Tata Surya, meningkat menjadi 77% pada siklus dua.
Kata Kunci: Teaching at The Right Level, minat belajar, pemahaman sains

Abstract: Interest in learning is an initial capital that students must have to play an active role during the learning process, so that students are motivated to participate in the learning process. This research was motivated by the low interest in learning of class VII F students at SMP Negeri 1 Colomadu in science subjects. Influencing factors include difficult material, students who are not interested in science subjects, and learning models that are largely not student-centered. This research aims to increase interest in learning and understanding of science by implementing the Teaching at The Right Level (TaRL) approach in class VII F students at SMP Negeri 1 Colomadu for the 2023/2024 academic year regarding the Solar System. This research is Classroom Action Research (PTK) which was carried out in two cycles. The subjects of this research were 30 students in class VII F of SMP Negeri 1 Colomadu for the 2023/2024 academic year. This research method uses qualitative methods by analyzing data in the form of descriptive analysis. Data collection techniques used include distributing questionnaires and observation. The results of the analysis show that implementing the Teaching at The Right Level (TaRL) approach can increase students' interest in learning and understanding of science. Implementing the Teaching at the Right Level (TaRL) approach in grouping students and creating Student Worksheets (LKPD) according to the same learning interests can increase students' interest in learning and activeness. Improvement can also be seen in understanding science, where in cycle one 68% of students already understand the Solar System, increasing to 77% in cycle two.
Keywords: Teaching at The Right Level, interest in learning, understanding of science.

Full Text:

PDF

References


Alam, Yuli. 2018. Dampak Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK PGRI 1 Palembang. Motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis. 3(2), 574-591.

Ananda, R., & Hayati, Fitri. 2020. Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: CV. Pusdikra MJ.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at The Right Level Sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(1), 1-10.

Jufrida et al., (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains di SMP Negeri Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika 4(2)

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99

Nisa, U., Saenab, S., & Muzayyana, M. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning dengan Pendekatan Tarl di SMP Negeri 7 Sinjai. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 958-970

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1)

Syerlinda, S. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 23 Barru. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 991-997. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.663

Yuli, R. R., Utomo, A. P., & Sukoco, S. (2023). Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Model PBL Berbantuan Gallery Walk untuk Meningkatkan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA 2 di SMAN 1 Muncar. Education Journal: Journal Education Research and Development, 7(2), 239–254. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1285


Refbacks

  • There are currently no refbacks.