ANALISIS MANAJEMEN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI PAUD SKB KOTA SERANG

Ilham Nawari, Fira Rama Puteri Mahardika

Abstract


Dalam mencapai sebuah pembelajaran yang efektif dan efisien sebagai seorang guru yang profesional diperlukan berbagai metode dan proses dalam melaksanakan sebuah kegiatan belajar dan mengajar, sehingga agar dapat melaksanakan fungsi dan tugas-tugasnya maka para manajer (pembuat) membutuhkan berbagai kemampuan dan keterampilan dasar. Seorang guru akan meran Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metodologi deskriptif untuk menganalisis faktor-faktor yang berkaitan dengan data yang dikumpulkan tentang objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses manajemen pelaksanaan pembelajaran dilakukan tiga langkah mulai dari Perencanaan Pembelajaran yang terdiri dari; pembuatan RPPM dan RPPH, Pelaksanaan; kurikulum, materi pembelajaran, sarana dan prasarana, pendekatan pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran, dan peran guru. hingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik di PAUD SKB Kota Serang.
Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Elok Endang Rasmani, U., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Eka Nurjanah, N., Shofiatin Zuhro, N., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Kristiani Wahyu Widiastuti, Y., Diah Putri Nazidah, M., & Ayu Sekar Prashanti, N. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Proyek Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 567-578.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

Fitriana, F., Elisabeth, R., Esa, D. K., Nopraeda, N., & Munte, A. (2023). Permasalahan di Sekitar PAUD Kota Palangka Raya: Kontribusi PAUD lintas Agama (Islam, Kristen, Hindu dan Kaharingan). Indonesia Islamic Education Journal, 1(2), 90-103.

Hasbi, M, Mumpuni, ND, Mudarwan, M, Warsito, IH, & ... (2020). Pengintegrasian pembelajaran coding dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan pengembangan RPP di satuan PAUD: modul 2., repositori.kemdikbud.go.id, https://repositori.kemdikbud.go.id/22537/1/Modul2_Coding.pdf

Iskandar, J. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).

Syafi'i, M. (2014). Implikasi Pembelajaran Mikro Dalam Pengembangan Keterampilan Mengajar Di Madrasah. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 228-250.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.