PERAN PEMBERDAYAAN ANAK MELALUI FORUM ANAK SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN KEKERASAN DI KABUPATEN SERANG

Abira Salsabila Salsabila

Abstract


Sebagai suatu kelompok dalam masyarakat di dalam suatu negara merupakan kelompok yang wajib mendapatkan jaminan atas hak-hak yang dimilikinya secara asasi. Upaya untuk melindungi anak-anak dari kekerasan dapat diwujudkan melalui pemberdayaaan dalam masyarakat. Pemberdayaan ini dapat mencakup berbagai strategi yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan, kesadaran dan keterampilan anak-anak agar mereka dapat mampu melindungi diri sendiri dan memahami hak-hak mereka. Dengan memberikannya pengetahuan dan dukungan yang memadai, anak-anak juga dapat lebih berdaya dan mampu menghadapi serta menghindari situasi kekerasan. Selain itu juga pemberdayaan ini juga melibatkan peran aktif dari keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung perkembangan anak-anak. Forum anak sebagai upaya perlindungan dari kekerasan ini menyediakan platforam dimana anak-anak dapat berpartisipasi aktif dalam pengambilan kepusan yang mempengaruhi mereka, meningkatkan kesadaran tentang hak-hak mereka dan mendapatkan edukasi mengenai bentuk dari kekerasan dan melindungi diri.

Kata Kunci: Pemberdayaan Anak, Perlindungan Kekerasan, Forum Anak

References


Maryance, R. T., Efrida Ita, S. S., Nurmalina, M. P., Haris, I., Wahab, A., Sanjayanti, N. P. A. H., ... & Puspita, Y. (2021). Teori dan Aplikasi Manajemen Pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zain

UNICEF (2014). "Hidden in Plain Sight: A statistical analysis of violence against children." UNICEF. Link

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA). "Profil Anak Indonesia." Link

Save the Children (2019). "Global Childhood Report 2019: Changing lives in our lifetime." Save the Children. Link

Lansdown, G. (2010). "The Realisation of Children’s Participation Rights: Critical Reflections." In "A Handbook of Children and Young People's Participation: Perspectives from Theory and Practice," edited by Percy-Smith, B. & N. Thomas. Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.