ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA KOLOID TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN HOT LITERASI PESERTA DIDIK
Abstract
Kata Kunci : Analisis Kebutuhan, E-Modul, STEM, HOT Literasi.
Full Text:
PDFReferences
Afriana, Jaka, Anna Permanasari, and Any Fitriani. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. 2, no. 2: 202– 12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561.
Anderson, L. W., & Krathwol, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anggraini, Flatya Indah Dan Huzaifah, Siti. (2017). Implementasi Stem Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Menengah Pertama. Palembang: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.
Anwar, Chairul, A. Pahrudin, Irwandani, E. Triyana, dan Y. Oktarisa. (2019). The Analysis Of Pre-Service Physics Teachers In Scientific Literacy: Focus On The Competence And Knowledge Aspects. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 8, no. 1: 52–62. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.15728.
Anwar, Chairul, A. Thahir, A. Saregar, L. Choiriah, F. Susanti, dan A. Pricilia. (2020). The Effectiveness of STEM Learning: Scientific Attitudes and Students’ Conceptual Understanding.‖ Journal of Physics: Conference Series 1467, no. 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012008.
Anwar, M. (2021). An interactive e-book development based on green chemistry study on Hydrocarbon. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1899, No. 1, p. 012161). IOP Publishing.
Departement of Education and Skill Ireland. (2017). STEM Education Policy Steatment 2017-2026. Ireland.
Dinni, H. N. (2018). HOT (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.
Irma Suwarma, Astuti Puji dan Nur Endah. (2015). Ballon Powered Car “sebagai media pembelajaran IPA berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematic). 8 dan 9 Juni 2015. Prosinding Simposium Naisonal Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142– 155.
Mu’Minah, Iim Halimatul, and Ipin Aripin. (2019). Implementasi STEM Dalam Pembelajaran Abad 21.‖ Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, no. 2012: 1495–1503. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/2 19.
Prasetyo, A., Juwita, R., Sulistyowati, L. F,. (2019). Pengelolaan Kurikulum (MPPKS-KUR). Jakatrta : Direktorat Jenderal Guru danTenaga Kependidikan.
Pratiwi, Retno Setya, and Fida Rachmadiarti. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11, no. 1: 165–78.
Rusydiyah, E. F., Indarwati, D., Jazil, S., Susilawati, S., & Gusniwati, G. (2021). STEM Learning Environment: Perceptions and Implementation Skills in Prospective Science Teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 138– 148.
Sambite, F. C., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Penerapan Project Based Learning berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan HOT Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 141. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.6310.
Syahmani, E H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan STEM Berbasis Lahan Basah Pada Literasi Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan. 6, no. 2: 1–5.
Refbacks
- There are currently no refbacks.