ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA KOLOID TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN HOT LITERASI PESERTA DIDIK

Ria Pertiwi

Abstract


Abstrak: Pendekatan STEM merupakan metode yang dapat dimanfaatkan untuk melatih pencapaian HOTS (Higher Order Thinking Skills) guna mencapai kompetensi yang relevan dengan abad 21 di era industri 4.0 pendidikan sains khususnya pendidikan kimia. Pendekatan STEM ini dapat dikoordinasikan dalam modul elektronik (E-Modul) dengan mempertimbangkan sudut pandang HOT literasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pendidik dalam menciptakan media pembelajaran berupa e-modul yang terintegrasi pendekatan STEM pada materi koloid untuk meningkatkan HOT literasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif kualitatif. Lembar angket analisis kebutuhan yang dilakukan kepada guru di MAS Al Manar Medan digunakan sebagai alat pengumpulan data melalui wawancara. Dari hasil wawancara pada guru, terlihat bahwa belum ada jenis bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Bahan ajar berbasis e-modul harus dikembangkan. E-modul yang dikembangkan terintegrasi pendekatan STEM. Guru menyetujui pengembangan materi E-Modul tentang Koloid yang mendukung peningkatan HOT literasi peserta didik dan pembelajaran sains yang signifikan.
Kata Kunci : Analisis Kebutuhan, E-Modul, STEM, HOT Literasi.

Full Text:

PDF

References


Afriana, Jaka, Anna Permanasari, and Any Fitriani. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. 2, no. 2: 202– 12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561.

Anderson, L. W., & Krathwol, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anggraini, Flatya Indah Dan Huzaifah, Siti. (2017). Implementasi Stem Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Menengah Pertama. Palembang: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

Anwar, Chairul, A. Pahrudin, Irwandani, E. Triyana, dan Y. Oktarisa. (2019). The Analysis Of Pre-Service Physics Teachers In Scientific Literacy: Focus On The Competence And Knowledge Aspects. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 8, no. 1: 52–62. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.15728.

Anwar, Chairul, A. Thahir, A. Saregar, L. Choiriah, F. Susanti, dan A. Pricilia. (2020). The Effectiveness of STEM Learning: Scientific Attitudes and Students’ Conceptual Understanding.‖ Journal of Physics: Conference Series 1467, no. 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012008.

Anwar, M. (2021). An interactive e-book development based on green chemistry study on Hydrocarbon. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1899, No. 1, p. 012161). IOP Publishing.

Departement of Education and Skill Ireland. (2017). STEM Education Policy Steatment 2017-2026. Ireland.

Dinni, H. N. (2018). HOT (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Irma Suwarma, Astuti Puji dan Nur Endah. (2015). Ballon Powered Car “sebagai media pembelajaran IPA berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematic). 8 dan 9 Juni 2015. Prosinding Simposium Naisonal Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142– 155.

Mu’Minah, Iim Halimatul, and Ipin Aripin. (2019). Implementasi STEM Dalam Pembelajaran Abad 21.‖ Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, no. 2012: 1495–1503. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/2 19.

Prasetyo, A., Juwita, R., Sulistyowati, L. F,. (2019). Pengelolaan Kurikulum (MPPKS-KUR). Jakatrta : Direktorat Jenderal Guru danTenaga Kependidikan.

Pratiwi, Retno Setya, and Fida Rachmadiarti. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11, no. 1: 165–78.

Rusydiyah, E. F., Indarwati, D., Jazil, S., Susilawati, S., & Gusniwati, G. (2021). STEM Learning Environment: Perceptions and Implementation Skills in Prospective Science Teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 138– 148.

Sambite, F. C., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Penerapan Project Based Learning berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan HOT Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 141. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.6310.

Syahmani, E H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan STEM Berbasis Lahan Basah Pada Literasi Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan. 6, no. 2: 1–5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.