PENINGKATAN WAWASAN ANAK USIA DINI MELALUI STRATEGI BELAJAR OUTING CLASS DI KB SKB KOTA SERANG

Dadan Darmawan, Annisa Nurbaeti, Sofie Wiwit Larasati, Widya Dyah Ayu Pramesti

Abstract


Abstrak: Pendidikan anak usia dini menekankan pada pendidikan dasar, bagaimana siswa diajarkan untuk menghadapi masa yang akan datang. Serta mempelajar hal-hal penting di dunia nyata, seperti macam-macam bencana alam dan bagaimana menyelamatkan diri dari bencana alam. Dengan ini guru perlu memilih metode pembelajaran yang cocok. Yaitu dengan metode pembelajaran outing class. Kegiatan field trip ini memungkinkan anak memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru serta belajar berinteraksi langsung dengan lingkungan dan alam (Maryanti, S. dkk, 2019). Strategi pembelajaran ini memudahkan guru dalam menerangkan pelajaran kegiatan kelas karena telah merencanakan dan mengembangkan strategi pembelajarannya terlebih dahulu. Dengan ini siswa akan mandapatkan pengalaman baru serta penambahan wawasan yang luas. Selain itu strategi pembelajaran ini berkaitan dengan model pembelajaran kontekstual atau bisa disebut Teaching and Learning (CTL) Strategi pembelajaran karyawisata ini kadang disebut dengan Model Pembelajaran Kontekstual atau Teaching and Learning (CTL). Merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada proses dimana siswa berpartisipasi penuh dalam menemukan konten untuk dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata, dimana siswa didorong untuk menerapkannya dalam kehidupan mereka sendiri. KB SKB Kota Serang telah menerapkan metode ini dengan mengadakan outing class ke BPBD Provinsi Banten.
Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Outing Class, Cotextual Teaching And Learning

Abstract: Early childhood education emphasizes foundational learning, teaching students how to face the future. It also involves learning important real-world matters, such as various types of natural disasters and how to protect oneself during such events. Therefore, teachers need to select appropriate teaching methods, such as the outing class method. This outing class activity allows children to gain new experiences and knowledge and learn to interact directly with their environment and nature (Maryanti, S. et al., 2019). This teaching strategy facilitates teachers in conducting classroom activities as they plan and develop their teaching strategies in advance. Consequently, students gain new experiences and broaden their knowledge. Additionally, this teaching strategy is related to the contextual learning model, also known as Teaching and Learning (CTL), which emphasizes the process of full student engagement to discover the material being studied and relate it to real-life situations, encouraging students to apply it in their lives. KB SKB Kota Serang has implemented this method by organizing an outing class to the BPBD of Banten Province.
Keywords. Childhood Education, Outing Class, Cotextual Teaching And Learning

Full Text:

PDF

References


Arfiani, A. 2018. Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching And Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Vol. 1 No. 3.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Geofani, Fisca Putri. (2018). PeningkatanHasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Dongeng dengan Metode OutingClass pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Majegan Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Skripsi ini tidak diterbikan. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Handayani, Oktarina Dewi. (2019). Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sebagai Sarana Sosialisasi bagi Anak. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 8 No.2

Maryanti, S. Dkk. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 4 No.1.

Maryanti, S. Dkk. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol.4 No.1. Muali, Chusnul. (2016). Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No. 2.

Utami, Febriyanti. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4.

Widiasari, Choiriyah. Almahi, Humaam. Prasetyoningrum, Dewi. dkk. (2019). Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Melalui Kegiatan Outing Class di RA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan. Vol. 1. No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.