PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA PAKET C DI PKBM MAJU BERSAMA

Taufiq Hidayatullah Haerudin, Muhammad Rafli Nurdianto, Elvan Ramadhan Lazuardi, Ahmad Fauzi, Fitri Pertiwi

Abstract


Abstrak: Tahapan perencanaan program kesetaraan Paket C yang dilaksanakan di PKBM Maju Bersama di Kabupaten Pandeglang menjadi pokok bahasan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dimana informasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program kesetaraan paket C di PKBM Maju Bersama bertujuan untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Pandeglang, mengurangi jumlah anak putus sekolah, dan memberantas buta aksara secara bertahap. Strategi yang diterapkan meliputi kerja sama yang erat dengan desa dan masyarakat, kontinuitas dalam perubahan dan pengembangan program, serta penciptaan lingkungan belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta. Selanjuitnya, PKBM Maju Bersama menetapkan prosedur yang ketat dalam penentuan sumber daya manusia serta menetapkan indikator untuk mencapai tujuan dan target yg ditetapkan. Keberhasilan program dinilai berdasarkan hasil pembelajaran dan perkembangan keterampilan peserta didik melalui tutor yang terlibat dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: PKBM Maju Bersama, Pembelajaran, Prakarya

Abstract: The planning stages of the Package C equality program implemented at PKBM Maju Bersama in Pandeglang Regency are the subject of this research. This research uses a qualitative methodology where information is collected through observation, interviews and documentation. Research findings show that the Package C equality program at PKBM Maju Bersama aims to gradually reduce unemployment in Pandeglang Regency, reduce the number of children dropping out of school, and eradicate illiteracy. The strategies implemented include close collaboration with villages and communities, continuity in program changes and development, and the creation of a learning environment that suits participants' needs. PKBM Maju Bersama establishes strict procedures for determining human resources and establishing indicators to achieve the set goals and targets. The success of the program is assessed based on learning outcomes and the development of students' skills through tutors involved in the learning process.
Keywords: PKBM Maju Bersama, Learning, Prakarya

Full Text:

PDF

References


Dini, P. P. A. U. Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Mandiri.

Ernawati, E., & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen pembelajaran program paket C di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60-71.

Hidayat, D. (2017). Pengelolaan pembelajaran berbasis kewirausahaan masyarakat program kejar paket C. Journal of Nonformal Education, 3(1), 1-10.

Isnaeni, P. (2022). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Mata Pelajaran Prakarya Di Smp Muhammadiyah Lebaksiu Kabupaten Tegal. Social Studies, 7(3).

Khoirunnisa, Y. V. (2022). Studi Analisis Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Aspek Pengembangan Seni Budaya Dan Prakarya Di MI Siraajul Ummah Bekasi. Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran-STAI Bani Saleh, 1(1), 85-97.

Purwanti, S., Khoirunnisaa, A., Juwitaningsih, D., Darma, C., & Nurlaela, N. (2016). Silabus pembelajaran project based learning: model project based learning (PjBL) dalam pembelajaran mandiri pada pendidikan kesetaraan paket C.

Putra, R. A. (2017). Penerapan metode pembelajaran mandiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada program pendidikan kesetaraan paket c di PKBM bina mandiri cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1).

Tiarani, Nurfrida Aulia, et al. "Evaluasi Sistem Analisis pada Kualitas Pembelajaran Jurnalistik Rumah Dunia." Sublim: Jurnal Pendidikan 2.2 (2023): 183-204. EL QIRANNA, A. S. (2020). UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PAKET C PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN (PRAKARYA) DI PKBM NEGERI 21 TEBET (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.