DAMPAK POLA DIDIK ORANG TUA DALMA MEMBENTUK KARAKTER ANAK SEJAK USIA DINI

Robi'atul Adawiah, Theresia Maghdalena Simatupang, Fisi Dwi Yunika

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengenai dampak pola didik orang tua untuk membentuk karakter anak sejak usia dini. Permasalahan pada penelitian ini yaitu mengenai pola didik orang tua mempengaruhi pembentukan dan perkembangan karakter anak sejak dini. Penelitian ini lebih memfokuskan pada praktek yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat. Penelitian ini dilakukan kepada orang tua yaitu warga masyarakat di Komplek Depag, Ciwaru, Kota Serang, Banten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk memahami fenomena atau peristiwa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak orang tua yang memberikan kebebasan berekspresi kepada anak namun tetap dalam pengawasan. Pendidikan karakter yang baik, terutama yang berbasis agama dan moral. Dengan berbagai tantangan yang ada untuk memberikan dan mengimplementasikan pendidikan karakter pada anak sejak usia dini, tentu orang tua harus menerapkan alternatif lain. Secara keseluruhan, dalam membentuk karakter anak sejak usia dini sangat dipengaruhi oleh peran pola didik orang tua dan lingkungan. Orang tua perlu konsisten dan bijak dalam mendidik serta membimbing anak agar dapat mengembangkan karakter yang positif dan kuat pada anak sejak usia dini.
Kata kunci: Karakter, Orang Tua, Pola Didik.

Abstract: The aim of this research is to find out the impact of parental education patterns in shaping children's character from an early age. The problem in this research is that parents' education patterns influence the formation and development of children's character from an early age. This research focuses more on practices that are adapted to the needs and characteristics of the community. This research was conducted on parents, namely community residents in the Ministry of Religion Complex, Ciwaru, Serang City, Banten. This research uses qualitative methods, namely an approach that aims to understand phenomena or events experienced by research subjects. The results of this research show that many parents give their children freedom of expression but remain under supervision. Good character education, especially those based on religion and morals. With the various challenges that exist in providing and implementing character education for children from an early age, of course parents must implement other alternatives. Overall, shaping a child's character from an early age is greatly influenced by the role of parents' education patterns and the environment. Parents need to be consistent and wise in educating and guiding their children so that they can develop positive and strong characters in their children from an early age.
Keywords: Character, Parents, Education Pattern.

Full Text:

PDF

References


Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 72.

Arumsari, A. D. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Motoric: Media Of Teaching Oriented and Children, 4(2), 8.

Elan, E., & Handayani, S. (2023). Pentingnya Peran Pola Asuh Orang Tua untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2952.

Indonesa, Pemerintah Pusat. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003.

Khairani, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis Implementasi Lima Nilai Karakter Pendidikan pada Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2952.

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 110.

Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hal. 6.

Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Siham, F. K. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 60.

Roini, S. (2018). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter pada anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 23.

Salafuddin, S., Santosa, S., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak (Studi Kasus Pada Anak TKW Di SDN Pidodo Kecamatan Karangtengah). JPAI: Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 2(1), 2953.

Wartini, S., & Riyanti, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.