PENGEMBANGAN KOMPETENSI MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI DI SKB KOTA SERANG

septiana hapsari putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kompetensi Masyarakat terhadap Pendidikan dalam pembelajaran pedagogi & andragogi di sanggar kegiatan belajar (SKB) dalam menyelenggarakan pengembangan belajar peserta didik di wilayah kota serang. Keberhasilan dari sebuah Lembaga Pendidikan dapat ditentukannya dari bentuk pengelolahan yang baik, maupun pengelolahan pembelajaran yang ditentukam oleh guru ataupun tutor. Dari hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan berfokus pada kajian “Pengembangan kompetensi masyarakat dengan pendekatan pedagogi & andragogi di skb kota serang” oleh karena itu, tujuan penelitian ini dapat mengetahui pengembangan pembelajaran pedagogi dan andragogi dalam kegiatan pembelajaran SKB Kota Serang, kontribusi kompetensi tutor terhadap mutu hasil belajar terhadap Pendidikan kesetaraan melalui pendekatan pedagogi dan andragogi di wilayah kota serang. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dalam aturan tertentu yang ada didalam kehidupan nyata dengan mengidentifikasi dan memahami kejadian yang terjadi, peristiwa, sikap, maupun pemikiran. Berdasarkan hasil penelitian yang dibahas, maka ditemukan dalam pencgembangan belajar di SKB kota serang pada pendekatan pedagogi tutor mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Masyarakat seperti, Pendidikan keaksaraan, kesetaraan, maupun Pendidikan anak usia dini (PAUD), dan pendekatan andragogi dilakukan berfokus dengan masyarakt dewasa menerapkan keterampilan dan pengetahuan melalui partisipasi aktif dan memanfaatkan pengalaman masyarakat sebagai sumber belajar.
Kata Kunci: Implementasi, Pengembangan kompetensi, Pembelajaran pedagogi dan andragogi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.