Strategi Pengembangan Pendidikan Keaksaraan Fungsional Pada PKBM Amaluna
Abstract
Pendidikan keaksaraan merupakan suatu hal yang penting dan utama dalam meningkatkan literasi dan kemandirian
individu dalam masyarakat. PKBM amaluna merupakan bagian dari bentuk institusi pendidikan yang bersifat tidak
formal yang memegang peranan aktif dalam meningkatkan strategi untuk meningkatkan keaksaraan fungsonal di
dalam lembaga pendidikannya. penelitian ini ditujukan dengan harapan dapat menganalisis strategi pengembangan
pendidikan keaksaraan fungsional yang telah di terapkan oleh PKBM Amaluna. Metode penelitian yang dipakai ialah
metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara dan juga observasi dan
dokumentasi. perolehaan dari reserch ini menunjukan bahwa PKBM Amaluna telah menerapkan berbagi strategi yang
efektif, dan inovatif, dianataranya yaitu dengan menganalisis dan menyesuaikan kebutuhan peserta didik, penyesuaian
lingkungan serta memahami dan menyesuaikan tingkat pemahaman peserta didik, dengan begitu strategi ini dapat
diterapkan secara efektif serta dapat melihat perkembangan pada peserta didik. dengan demikian strategi-strategi ini
diharapkan dapat di implementasikan kembali oleh para pendidik guna memperbaiki pendidikan keaksaraan
fungsional jauh lebih baik lagi kedepannya.
Kata Kunci : Strategi, Keaksaraan, PKBM
ABSTRACT
Literacy education is an important and main thing in increasing individual literacy and independence in society.
PKBM Amaluna is part of an informal form of educational institutions that has played an active role in improving
strategies to improve functional literacy in its educational institutions. that plays an avtive role in developing
strategies toomprove funcional literacy within it educational instituesion. this research aims to analyze the functional
literacy education development strategy that has been implemented by PKBM Amaluna. The research method used is
a qualitative descriptive research method by collecting data through interviews as well as observation and
documentation. The results of this research show that PKBM Amaluna has implemented a variety of effective and
innovative strategies, including analyzing and adapting to student needs, adjusting the environment and
understanding and a djusting the level of understanding of students, so that this strategy can be implemented effectively
and can be seen development in students. Thus, it is hoped that these strategies can be implemented againby educators
in order to improve functional literacy education even better in the future.
Keywords: Strategy, Literacy, PKBM.
PENDAHULUAN
Full Text:
PDFReferences
Agussani, A. (2020). [Buku] Program Pendidikan KEAKSARAAN Berbasis Kecakapan Hidup. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Azizah, N. B., & Khairunnisa, A. (2023). PERAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BAGI MASYARAKAT BUTA AKSARA. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 185-192.
Hapsari, S. (2018). MODEL PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA DIRI WARGA BELAJAR. Jurnal AKRAB, 9(1), 90-100.
Irmawita, I., Jamaris, J., & Wisroni, W. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Keaksaraan Fungsional Berbasis Cerita Rakyat di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kota Padang.
Maf’ullah, S., & Atmaja, I. K. (2013). Analisis Karakteristik Warga Belajar dalam Pengembangan Program Pembelajaran Keaksaraan Fungsional di PKBM Sanggar Belajar Yalatif Diwek Jombang. UNESA Journal, 1-11.
Maulana, A. A. (2024). Pengentasan Buta Aksara Melalui Baca, Tulis, Hitung, Diskusi, dan Aksi (Calistungdasi) di Desa Kawo Kabupaten Lombok Tengah. Nuras: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 40-47.
Noviawati, S. M., & Masjidah, D. (2020). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Jayagiri Lembang. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 199-209.
Pratiwi, E. P., & Wibhawa, B. (2015). Pengembangan Pendidikan Non Formal Melalui Program Keaksaraan Fungsional Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Puspitasari, Y., Ambarsari, IF, Hoirotun, H., Fitriani, D., Thoha, M., & Gufron, A. (2024). Strategi Pemberantasan Buta Aksara Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Desa Dusun Krajan Klatakan. TRANSFORMASI : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT , 4 (1), 15-24.
Rosan, N., (2023) https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6954015/ini-wilayah-dengan-tingkat-buta-aksara-tertinggi-di-indonesia di akses 27 Juni 2024 pukul 12.41 WIB
Refbacks
- There are currently no refbacks.