IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AKTIF PADA PENDIDIKAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Laras sati

Abstract


Rendahnya kemampuan berfikir kritis peserta didik dapat dikaitkan dengan sebagian proses pembelajaran yang monoton dan mengabaikan partisipasi aktif peserta didik, kemampuan berpikir kritis peserta didik harus dikembangkan melalui kegiatan di kelas karena kemampuan tersebut tidak datang secara alami, kemampuan berpikir kritis dibutuhkan peserta didik dalam kehidupan nyata namun masih sering diabaikan dalam proses pembelajaran, kemampuan ini dapat dikembangkan melalui metode pembelajaran aktif yang memiliki keunggulan seperti peserta didik berspektif terbuka, kritis dan kreatif, selain itu metode ini membantu peserta didik untuk lebih aktif mendukung keterampilan interpersonal, kerja kelompok, komunikasi, pemecahan masalah yang efektif dan proyek kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukan bagaimana model pembelajaran dengan menggunakan metode aktif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan untuk menjelaskan proses pembelajaran tersebut, dengan menempatkan peserta didik sebagai pusat dari proses belajar mengajar, pembelajaran aktif mendorong keterlibatan aktif melalui proyek kelompok, pemecahan masalah, dan diskusi. Data yang dikumpulkan melaui observasi lapangan, wawancara dengan pengelola PKBM, hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode aktif dapat meningkatkan keterampilan peserta didik secara signifikan, peserta didik mengajukan pertanyaan yang lebih mendalam, lebih terlibat dalam proses pembelajaran, dan menunjukkan kemampuan analisis dan evaluasi materi pembelajaran yang lebih baik. PKBM HSPG menggunakan metode pembelajaran aktif mengklaim bahwa peserta didik termotivasi dan tertarik dengan materi yang dipelajari, namun penelitian ini mengidentifikasi beberapa tantangan termasuk kurangnya waktu dan persiapan tutor untuk berhasil menggunakan metode pembelajaran aktif.

Full Text:

PDF

References


Balakrishnan, R. (2006, March 25-26). Why aren't we using 3d user interfaces, and will we ever? [Paper presentation]. IEEE Symposium on 3D User Interfaces, Alexandria, VA. https://doi.org/10.1109/VR.2006.148. 🡪 Konferensi/Prosiding

Colclough, B., & Colclough, J. (1999). A challenge to change. Thorsons. 🡪 Book: Two Authors

Eckes, T. (2000). The developmental social psychology of gender. Lawrence Erlbaum Associates. https://lib.ugm.ac.id/443/record=b1600608 🡪 e-books

Goldberg, I. (2010). Dr. Ivan's depression central. http://www.psycom.net/depression.central.html 🡪

Haryanti, Y. D., & Febriyanto, B. (2017). Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Leibovitz, A. (1996). Olympic portraits. Little Brown. 🡪 Gambar

Ritonga, D., & Napitupulu, S. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Education & Learning, 4(1), 38-45.

Vogels, A. G. C., Crone, M. R., Hoekstra, F., & Reijneveld, S. A. (2009). Comparing three short questionnaires to detect psychosocial dysfunction among primary school children: a randomized method. BMC Public Health, 9, 489. https://doi.org/10.1186/1471-2458-9-489 🡪 Jurnal Ilmiah dengan DOI

Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50-61.

Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50-61.

Wells, A. (2009). Metacognitive therapy for anxiety and depression in psychology. Guilford Press. 🡪 Book

Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139-148.

Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552-563.

Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552-563.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.