OPTIMALISASI LAYANAN PROGRAM PEMBELAJARAN DI SKB KOTA SERANG MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI DAN PEDAGOGI

Nabilla Tusifa Nailufar, Layla Hurriah, Dewi Yudianti, Gilang Permana

Abstract


Abstrak: Peran dan fungsi SKB dapat menyesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan warga belajarnya, sesuai dengan latar belakang wilayahnya. SKB diharapkan dapat memfasilitasi banyaknya program pendidikan pada jalur non formal karena mereka adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pendidikan non formal. Di SKB Kota Serang sendiri, dalam mengatasi tuntutan kebutuhan masyarakat sekitar, telah disiapkan beberapa program yang dapat menunjang terpenuhinya kebutuhan tiap-tiap warga belajarnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan tujuan penelitian ini berada dalam upaya untuk memahami bagaimana optimalisasi program dan pelayanan pembelajaran di SKB Kota Serang itu sendiri. Selain itu, guna meningkatkan eksistensi akan argumentasi pada penelitian ini digunakan pula pendekatan studi kasus melalui pengumpulan informasi serinc i mungkin. Menggunakan metode yang telah ditentukan, maka dapat diketahui bahwa SKB Kota Serang, ditinjau berdasarkan aspek-aspek utama yang telah penyusun tentukan, seperti: 1) antusiasme, 2) strategi, dan 3) evaluasi kegiatan pembelajaran, teridentifikasi dengan jelas tentang bagaimana implementasi metode pendekatan andragogi dan pedagogi yang telah diterapkan dalam mengoptimalisasi pelayanan akan memenuhi kebutuhan warga belajarnya sudah mulai berjalan dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang memainkan tugas yang cukup penting dalam terjaganya kualitas sumber daya manusia melalui strategi pengajaran yang efektif ini, mencakup pemahaman karakteristik dan kebutuhan emosional setiap warga belajarnya. Meskipun terdapat tantangan yang kerap ditemukan dalam prosesnya, SKB Kota Serang terus berupaya menjadi yang terbaik dalam memberikan program pendidikan yang berkualitas kepada seluruh warga belajarnya.
Kata Kunci: SKB, andragogi, dan pedagogi.

Abstract: The roles and functions of SKBs change according to the characteristics and policies of each district or city government. SKBs are expected to access many non-formal education programs as they are the institutions responsible for organizing non-formal education. At SKB Kota Serang itself, in addressing the demands of the surrounding community, several programs have been prepared that can support the fulfillment of the needs of each of its learning citizens. The method used in this research is a qualitative method, while the purpose of this research is in an effort to understand how to optimize learning programs and services at SKB Kota Serang itself. In addition, to increase the existence of the argumentation in this research, a case study approach is also used through collecting information as detailed as possible. Using the method that has been determined, it can be seen that SKB Serang City, is reviewed based on the main aspects that the authors have determined, such as: 1) enthusiasm, 2) strategy, and 3) evaluation of learning activities, it is clearly identified how the implementation of the andragogy and pedagogy approach methods that have been applied in optimizing services to meet the needs of learning citizens has begun to run well. Based on this, it can be concluded that the Serang City Learning Activity Center (SKB) plays an important role in improving the quality of human resources through effective teaching strategies that include understanding the characteristics and emotional needs of each learning community. Although there are challenges that are often found in the process, SKB Serang City continues to strive to be the best in providing quality education programs to all its learning citizens.
Keywords: SKB, andragogy, and pedagogy.

Full Text:

PDF

References


Ahdaniah, F., Hoerniasih, N., & Dewi, R. S. (2022). Pelatihan Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Keterampilan Tata Boga Di PKBM Cendikia Cemerlang Kecamatan Parung Panjang. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 105-111. https://doi.org/10.19184/jlc.v6i2.34389

Anwika, Y. M., Maemunaty, T., Wilson, W., & Bahar, A. (2021). Implementation of the Andragogy Learning Model in Andragogy Competency Training for PKBM Tutors. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 627-632. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.115447

Hiryanto, H. (2017). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi Serta implikasinya dalam pemberdayaan masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65-71.

Kurniati, I., Malik, A. S., Maslachah, A., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2022). Pendekatan Andragogi Pada Proses Pembelajaran Di Institut. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(1), 46-51. https://doi.org/10.3709/ilpen.v1i1.5

Mubtasim, A., & Fakhruddin, F. (2018). Penerapan Pendekatan Andragogi Melalui Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Life Skill Menjahit Program Paket C. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 5(1), 1-17. https://doi.org/10.36706/jppm.v5i1.8288

Mulyadi, Y. (2021). Peran Strategis SKB dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Non formal, 16(2), 75-88.

Nurhayati, A. (2021). Implementasi Pendekatan Andragogi di Sanggar Kegiatan Belajar: Studi Kasus di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 105-120.

Pratama, R., & Wibowo, S. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif di SKB: Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 80-95.

Purwianingsih, W., Rustaman, N. Y., & Redjeki, S. (2010). Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) dan Urgensinya dalam Pendidikan Guru. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 15(2), 87-94. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v15i2.35997

Rahmawati, E., & Sutarto, J. (2023). Integrasi Elemen Pedagogi dalam Pembelajaran Orang Dewasa: Studi pada Program Kesetaraan di SKB. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 40-55.

Suryono, Y., Tohani, E., & Wibawa, L. (2020). Tantangan dan Strategi Pengembangan SKB dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD dan Dikmas, 15(2), 151-162.

Widodo, A., Sumarno, & Prihatin, T. (2022). Efektivitas Pendekatan Andragogi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dewasa di SKB. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Komunitas, 4(2), 197-210.

Yatimah, D., Sari, E., Madhakomala, R., & Adman, A. (2024). Pedagogi & Andragogi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.