IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK ULIL ALBAB KOTA SERANG

Akhmad Fakhri, Iin Inayah, Milda Muthia Ramadhani, Shahnaz El Jasmine

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pendidikan karakter, Penelitian ini dilaksanakan di TK Ulil Albab Kecamatan Walantaka Kota Serang, Banten. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua orang pengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian data dianalisis menggunakan triangulasi data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi pendidikan karakter di TK Ulil Albab Kota Serang dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut: 1) Nilai karakter religius ditanamkan melalui membaca doa dan surah pendek sebelum belajar, membiasakan senyum, sapa, salam, sopan dan santun, mencuci tangan dan berdoa sebelum makan, mengadakan acara di hari besar islam, dan manasik haji. 2) Nilai Karakter jujur ditanamkan melalui nasihat dengan memberi tahu bahwa mencontek itu tidak baik, mengembalikan barang temuan yang bukan miliknya, mengenalkan dengan cerita yang mengandung nilai kejujuran. 3) Nilai Kreatif ditanamkan melalui kegiatan menggambar, pembuatan kerajinan tangan sederhana, dan kegiatan pentas seni. 4) Nilai karakter berani dan kerja sama ditanamkan melalui pembelajaran outing class, memberi motivasi, diberikan tanggung jawab, mencoba hal baru, dan diberikan nasihat yang membangun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter di TK Ulil Albab Kota Serang dilakukan dengan pembiasaan atau praktik, diberi nasihat, dan motivasi. Selain itu terjadi perubahan yang terlihat dari peserta didik setelah diberikan pendidikan karakter.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini,

Abstract: The purpose of this study is to describe the implementation of character education in early childhood as well as the supporting and inhibiting factors of the implementation of character education. This research was conducted at Ulil Albab Kindergarten, Walantaka District, Serang City, Banten. The subjects in this study were students while the informants in this study were the principal and two teachers. The research method used is descriptive qualitative with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. After the data is collected then the data is analyzed using data triangulation with data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study explain that the implementation of character education in Ulil Albab Kindergarten Serang City is carried out through the following activities: 1) Religious character values are instilled through reading prayers and short surahs before learning, getting used to smiles, greetings, greetings, politeness and manners, washing hands and praying before eating, holding events on Islamic holidays, and Hajj manasik. 2) Honest character values are instilled through advice by telling that cheating is not good, returning found items that do not belong to them, introducing stories that contain honesty values. 3) Creative values are instilled through drawing activities, making simple handicrafts, and performing arts activities. 4) The character values of courage and cooperation are instilled through outing class learning, giving motivation, being given responsibility, trying new things, and being given constructive advice. So it can be concluded that the implementation of character education in Ulil Albab Kindergarten Serang City is carried out by habituation or practice, given advice, and motivation. In addition, there are changes experienced by students after being given character education.
Keywords: Implementation, Character Education, Early Childhood,

Full Text:

PDF

References


Aini, BZ, & Rachmi, E. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Ape Dalam Dan Ape Luar Sederhana. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) , 1 (2). https://doi.org/10.37216/aura.v1i2.438

Ardiatyas, P., & Aditya Rigianti, H. (2022). Pentingnya Upaya Menerapkan Pendidikan Karakter Cinta Damai Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Budaya, 9344, 58.

Dessy, F. (2020). Internalisasi 9 Pilar Karakter Bagi Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Pustaka Senja).

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67-78.

Jannah, M. (2019). Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang Diterapkan Di Sdtq-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77-102.

Mawarti , A. (2022). Peran Penting Pendidikan Karakter Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara, 2(1), 31–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31315/Jpbn.V2i1.6665

Mayasarokh, Mira & Rohman, Arif. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Rabbani. Vol. 6 (1)

Nuraeni, N. (2020). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 3(2), 65-73.

Oktarina, Ani. (2020).Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Quranic Parenting.Jurnal Edukasi AUD (JEA),Vol.6 (2):150–159.

Susanti, N., Afgani, W., & Atika, N. (2022). Penerapan model pendidikan holistik dalam mengembangkan karakter religius siswa TK Amalia Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 482-488.

Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku religius anak usia 5-6 tahun pada PAUD model karakter. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570-577.

Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Sekar Nagari Unnes. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.