IMPLEMENTASI DAN PENANAMAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI TKIT KIPAS

Nadhifa Ratnaduhita Ramdhani, Maisaroh Maisaroh, Latifa Nur

Abstract


Abstrak: Pendidikan karakter ialah upaya untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan positif pada peserta didik sehingga mereka dapat bertindak dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang telah menjadi bagian dari kepribadian mereka. Proses ini melibatkan penanaman nilai-nilai yang menyusun sikap dan perilaku positif. Penelitian tujuannya menganalisa implementasi pendidikan karakter pada peserta didik jenjang PAUD di TKIT Kipas Serang, Banten. Metodenya memakai kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya memakai observasi langsung, wawancara, dan analisa dokumentasi. Hasilnya bahwasanyasanya, TKIT Kipas menerapkan dengan baik pendidikan karakter pada peserta didik semenjak di jenjang Paud melalui pembelajaran dan beberapa permainan fisik. Selain melibatkan peserta didik dan guru dalam penerapan pendidikan karakter, TKIT Kipas juga mengajak orangtua peserta didik untuk berperan aktif. Itu dilaksanakan supaya pendidikan karakter yang diajarkan di sekolah dapat diimplementasikan dengan konsisten di rumah, sehingga tercipta keselarasan antara pembelajaran di sekolah dan di rumah.
Kata Kunci: pendidikan karakter, peran, TKIT Kipas, anak usia dini

Abstract: Character education is an effort to develop positive habits in students so that they can act and behave according to the values that have become part of their personality. This process involves instilling values that shape positive attitudes and behaviors. The research aims to analyze the implementation of character education in early childhood education students at TKIT Kipas Serang, Banten. The method used is descriptive qualitative. Data collection is done through direct observation, interviews, and document analysis. The results show that TKIT Kipas effectively implements character education in early childhood education through learning and various physical games. In addition to involving students and teachers in the implementation of character education, TKIT Kipas also encourages the active participation of students' parents. This is done to ensure that the character education taught at school can be consistently implemented at home, creating alignment between learning at school and at home.
Keywords: character education, role, TKIT Kipas, early childhood

Full Text:

PDF

References


F. Wahyuningsih, Dian, “Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 di TK Negeri 1 Sintang,” Jurnal Golden Age, vol. 5, no. 02, pp. 408–415, 2021.

Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam menyikapi bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11-19.

Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-Ta'dib, 8(2), 50-69.

Maryani, K. (2020). Penilaian dan pelaporan perkembangan anak saat pembelajaran di rumah di masa pendemi covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 41-52.

Mukhid, A. (2016). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 13(2), 309-328.

Nurhayati, R., Qonita, Q., & Mulyana, E. H. (2024). Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 202-207.

Siska, Y. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri 4 Kotakarang Bandarlampung. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Wardhani, P. A., Zulela, M. S., Rachmadtullah, R., & Siregar, Y. E. Y. (2018, November). Moral literacy and social climate with perception teacher’s character education in elementary school. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018) (pp. 297-300). Atlantis Press.

Widiastuty, (2021). Pentingnya Pendidikan karakter anak usia dini. Best seller Gramedia. https://www.gramedia.com/best-seller/pendidikan-karakter-anak-usia-dini/#Pengertian_Anak_Usia_Dini

Zubaida, “Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” Madaniyah, vol. 1, no. Edisi X Januari, pp. 124–142, 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.