PENTINGNYA PERAN AYAH DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK DI PERUMAHAN TAMAN BANTEN LESTARI, SERANG

Ratu Zahwa Sayyidina, Huswatun Hasanah Nurfitriah, Rosana Bernarda Sihaloho, Talitha Karimah

Abstract


Abstrak: Keberhasilan sebuah keluarga dalam mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak terlihat dari matangnya kepribadian anak, yang memungkinkannya untuk berekspresi, berkreativitas, berprestasi, dan mengaktualisasikan diri dalam masyarakat. Perkembangan anak adalah proses perubahan perilaku dari yang belum matang menuju matang, dari yang sederhana menuju sempurna, serta dari ketergantungan menuju kemandirian. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Pemilihan metode ini didasarkan pada tujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peran ayah dalam perkembangan pendidikan anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di perumahan Taman Banten Lestari, Kota Serang. Data utama yang diambil dari wawancara langsung dengan orang tua akan menjadi fokus dalam analisis kualitatif. Pendekatan ini diharapkan menghasilkan data yang autentik dan relevan. Peran ayah dalam perkembangan pendidikan anak di perumahan Taman Banten Lestari, Serang sangat penting. Ayah memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter, memberikan dukungan emosional, dan melibatkan diri secara aktif dalam kehidupan sehari-hari anak. Ayah diharapkan menjadi panutan yang memberikan dukungan moral dan menanamkan nilai-nilai seperti disiplin dan tanggung jawab kepada anak-anaknya. Keterlibatan ayah dalam berbagai aspek kehidupan anak, baik secara fisik maupun psikologis, memiliki peran yang sangat vital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ayah dalam perkembangan pendidikan anak.
Kata Kunci: Ayah, Pendidikan Anak, Perkembangan

Abstract: The success of a family in supporting the process of growth and development of children can be seen from the maturity of the child's personality, which allows them to express, be creative, achieve, and actualize themselves in society. Child development is the process of changing behavior from immature to mature, from simple to perfect, and from dependence to independence. In this research, the method used is a qualitative approach. The choice of this method is based on the aim of gaining an in-depth understanding of the father's role in children's educational development. Data collection techniques were carried out through direct observation at Taman Banten Lestari housing estate, Serang City. The main data taken from direct interviews with parents will be the focus of qualitative analysis. This approach is expected to produce authentic and relevant data. The role of fathers in the development of children's education in Taman Banten Lestari housing, Serang is very important. Fathers have a significant impact in shaping character, providing emotional support and actively involving themselves in their children's daily lives. Fathers are expected to be role models who provide moral support and instill values such as discipline and responsibility to their children. Fathers' involvement in various aspects of children's lives, both physically and psychologically, has a vital role. This study aims to describe the role of fathers in children's educational development.
Keywords: Father, Child Education, Development

Full Text:

PDF

References


Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20-28.

Muhassin, M. (2016). Peran Ayah Dalam Perkembangan Dan Pendidikan Anak: Studi Di Kelurahan Labuhan Ratu Bandar Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2).

Nazilah, F., Nisak, F. K., Herawardani, B. T., Imarta, A. D., & Khoironi, S. N. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Belajar di Rumah Untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20-25.

Sa'id, M., Noorrizki, R. D., & Avezahra, M. H. (2024). Psikoedukasi Fathering untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Kompetensi Ayah dalam Pengasuhan Anak. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(1), 39-47.

Kurniawati, N., & Kasih, D. (2022). Hubungan Efikasi Diri Pengasuhan Ayah dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Kecamatan Ciledug Tangerang Banten. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4550-4556.

Wahyuni, A., Siregar, S. D., & Wahyuningsih, R. (2021). Peran ayah (fathering) dalam pengasuhan anak usia dini. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 055-066.

RafiĆ¢, M., Ainiah, E. M., Lubis, A., Lubis, M. Y., & Amalia, D. M. (2023). Peran Ayah dalam Pembentukan Karakter Anak: Telaah Surah Luqman Ayat 12-14. Generasi Emas, 6(2), 78-93.

Wahyuni, A., Siregar, S. D., & Wahyuningsih, R. (2021). Peran ayah (fathering) dalam pengasuhan anak usia dini. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 055-066.

Lubis, S. (2022). Pandemi dan era digital: Peran ayah terhadap kebutuhan pendidikan dan psikologis anak. Alhamra Jurnal Studi Islam, 3(1), 1-9.

Istiyati, S., Nuzuliana, R., & Shalihah, M. (2020). Gambaran peran ayah dalam pengasuhan. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 17(2), 12-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.