Profil Laboratorium Fisika Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Se-Kabupaten Lebak

Suhali Suhali, Yus Rama Denny, Yudi Guntara

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data profil laboratorium fisika berupa sarana dan prasarana laboratorium, manajemen laboratorium dan keterlaksanaan praktikum fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Lebak. Subyek penelitiannya adalah guru fisika dan kepala laboratorium fisika yang tersebar di 18 sekolah sebagai sampel penelitian yang terakreditasi A, B dan C. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survey menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket check list yang dianalisis menggunakan teknik rerata persentase kemudian diinterpretasikan dan dideskripsikan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa:1) sarana dan prasarana laboratorium fisika memiliki persentase sebesar 65% masuk pada kriteria baik; 2) manajemen laboratorium fisika memiliki rerata persentase sebesar 60% masuk pada kriteria cukup baik; 3) dan keterlaksanaan praktikum fisika memiliki rerata persentase sebesar 64% masuk pada kriteria baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (15th ed.). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Ekosari, L. Q., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Analisis Efektivitas Laboratorium Fisika Dalam Pembelajaran Fisika Sma Dan Kesesuaiannya Dengan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3, 173–177.

Hafil, M. (2019, October 27). Pakar: Banyak Eksperimen Fisika di SMA yang Keliru. Republika.Co.Id.

Husein, U. (2008). Metode Penelitian utuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Lafenasti, F. (2018). Analisis Hambatan Praktikum Fisika Di SMA Negeri 5.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

T, C. D., & Rustaman, N. (2010). Perkembangan Pendidikan Teknologi Sebagai Suatu Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar. Jurnal Pengajaran MIPA, 14(2), 37–50.

Wibowo, W. S. (2014). Implementasi Model Project-Based Learning (PJBL) Dalam Pembelajaran Sains Untuk Membangun 4Cs Skills Peserta Didik Sebagai Bekal Dalam Menghadapi Tantangan Abad 21. Seminar Nasional IPA V Tahun 2014.

Winarsuwu, T. (2002). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa