Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA pada Materi Medan Magnet

Dewanto Kamas Utomo, Yuvita Oktarisa, Yus Rama Denny

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar fisika dan hasil belajar fisika peserta didik SMA pada materi medan magnet. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain the randomized pretest-posttest control group. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling sehingga diperoleh sampel pada kelas eksperimen dan sampel kelas
kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakukan model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan pada kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen angket motivasi belajar dan instrumen test. Hasil analisis deskriptif pada angket motivasi belajar menunjukkan adanya peningkatan sebesar 38,72% pada kelas eksperimen dan adanya peningkatan sebesar
20,93% pada kelas kontrol. Analisis statistik pada penelitian ini menggunakan analisis uji-t: two sample assuming aqual variances. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung: 2,94 > ttabel:1,69 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alipah, M., Haris, A., Nuraeni. & Saenab, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMPIT Al Khair. Jurnal IPA Terpadu, Vol. 6 No. 2, hal. 1-13.

Dayupay, J. P., Velos, S. P., Go, M. B., Cababat, C. G. & Golbin Jr., R. A. (2022). College Students’ Motivational Strategies, Study Skills, and Mathematics Performance: A Structural Model. Journal of Positive School Psychology, vol. 6, No. 5, 2246–2264.

Masruro, S., Sudibyo, E. & Puronomo, T. (2021). Profile of Problem Based Learning to Improve Students' Critical Thinking Skills. International Journal of Recent Educational Research. Vol. 2, No. 6. Page 682 – 699.

Pratama, H. F. A. & Arief, S. (2019). Pengaruh pemanfaatan e- learning, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 6, No. 1, hal. 1-12.

Putri, Y. A. & Yohandri (2021). Pengaruh Bahan Ajar Fisika Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Pendekatan CTL Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, Vol. 7, No.1. Hal. 1 – 8.

Salmadhia, F., Rusnayati, H. & Liliawati, W. (2021). Five-Tier Geometrical Optics Test Feasibility to Identify Misconception and the Causes in High School Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 9 No 2., hal. 141-154.

Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 3 No. 1, April 2020, Hal. 11-18.

Selvia, D. (2021). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Science and Physics Education Journal. Vol. 04, No. 02.

Spriani, H. G., Ain, N. & Pratiwi, H. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertaimetode Scaffolding Dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Terapan Sains & Teknologi Fakultas Sains dan Teknologi –Universitas

Kanjuruhan Malang, Vol. 1, No.2, hal. 29-40.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa