Rangkaian Penjumlahan Biner Half Adder dan Full Adder

Ismah Ismah, Fitri Julianti, Siti Magfiroh, Meilani Nisa Abdilah, Agni Yusifa, Ganesha Antarnusa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan tabel kebenaran pada rangkaian penjumlahan biner half adder dan full adder melalui metode eksperimental. Selain itu percobaan ini ditujukan agar pembaca dapat menyusun unit rangkaian penjumlahan biner half adder dan full adder sehingga membentuk fungsi tertentu dari setiap tabel kebenaran, memahami cara kerja rangkaian penjumlahan biner half adder dan full adder. Prinsip kerja pada rangkaian penjumlahan biner half adder menggunakan IC 7486 dan 7408 sedangkan pada rangkaian penjumlahan biner full adder  dengan menggunakan IC 7486, 7408 dan 7432 hasil keluaran yang ditandai dengan LED kemudian membuktikan tabel kebenaran berdasarkan hasil percobaan yang didapat. Berdasarkan percobaan, hasil yang didapat terbukti sesuai dengan tabel kebenaran. Cara kerja dari rangkaian penjumlahan biner half adder menggunakan gerbang logika AND dan EX-OR sementara penjumlahan biner rangkaian full adder  menggunakan gerbang logika AND, EX-OR dan NOR.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisah, M. (2021). Buku Ajar Prinsip Dasar Digital & Aplikasinya. Malang: Literasi Nusantara.

Chairunnas, A., Putra, A. P., & Suriansyah, M. I. (2020). Buku Ajar Sistem Digital Teori dan Implementasi. Bogor: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pakuan.

Fahrezi, T. F., & Asri, Y. N. (2019). Pembuatan Alat Simulasi Trainer Adder dan Subtractor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (2), 72-79.

Karris, S. T. (2007). Digital Circuit Analysis and Design with Simulink®Modeling and Introduction to CPLDs and FPGAs. California: Orchard Publications.

Prasetio, B. H., Maulana, R., & Syauqy, D. (2017). Desain Sistem Digital: Menggunakan FPGA dan VHDL Teori dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Pratiwi, G. F., Afandi, H., & 'Ainingsih, D. N. (2018). Half Adder Untuk Counter pada Metode Dump Accumulator RFID dengan Teknologi 0.35µm. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS, 132-137.

Siregar, H. F., & Irawan , M. D. (2018). Model dan Simulasi Perbandingan Prototype Rangkaian Digital Half Adder ALU Standar dengan Inovasi Rangkaian Digital Half Adder ALU. Jurnal Teknologi Informasi, Vol.2, No.1, 1-8.

Sukmadinata. (2008). Metode Penelitian eksperimen. Hal 194. Diakses:11 November 2022

Tim Laboratorium Sains Fisika FKIP Untirta. 2022. Modul Elektronika Digital. Banten, Indonesia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa