Visual thinking strategy in augmented reality (ViTSAR): implikasinya dalam memfasilitasi reflektif thinking skills mahasiswa pada materi gelombang cahaya

Yudi Guntara, Asep Saefullah, Nur Farida, Siti Rosyadah Nurlia, Meilani Abdillah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan reflective thingking skills mahasiswa pada karakteristik materi gelombang cahaya melalui implementasi media ViTSAR. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 30 mahasiswa semester 2 dan semester 4 prodi pendidikan fisika di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen penilaian pretest-posttest yang disajikan dalam bentuk essay sebanyak 6 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp.Sig < 0.05 sehingga dapat diputuskan bahwa H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada penguasaan reflective thinking skills mahasiswa setelah menggunakan media ViTSAR pada materi gelombang cahaya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Optika Geometri (Bachelor's thesis, FITK).

Billah, A., & Widiyatmoko, A. (2018). The Development of Virtual Laboratory Learning Media for The Physical Optics Subject. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 153–160. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2803

Cappello, M., & Walker, N. T. (2016). Visual Thinking Strategies: Teachers’ Reflections on Closely Reading Complex Visual Texts Within the Disciplines. Reading Teacher, 70(3), 317–325. https://doi.org/10.1002/trtr.1523

Choiroh, N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle 7e Pada Pokok Bahasan Gelombang Cahaya Kelas XI SMA. Universitas Jember.

Febriani, M. A. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Analisis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Ditinjau dari Skimming and Mind Mapping Gelombang Mekanik. Universitas Negeri Semarang.

Ibisono, H. S., Achmadi, H. R., Fisika, J., Surabaya, U. N., & Reality, A. (2020). EFEKTIVITAS BUKU SAKU BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI GERAK PLANET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA, 09(02), 200–206.

Iqliya, J. ., & Kustijono, R. (2019). Keefektifan media augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Seminar Nasional Fisika (SNF) 2019, 19–25.

Khunaeni, L. N., Yuniarti, W. D., & Khalif, M. A. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbantuan Teknologi Augmented Reality pada Materi Gelombang Bunyi untuk SMA/MA Kelas XI. Physics Education Research Journal, 2(2), 83. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6144

Kurniawan, T., Rokhmat, J., & Ardhuha, J. (2015). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN KOMIK FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2013/2014. 1(2), 123–128. http://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.247

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183. http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Nurdiyanto, R., & Malik, E. (2021). Pengembangan Virtual Lab Gelombang Cahaya Untuk. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2021 Institut Teknologi Telkom Surabaya, 1–14.

Özcan, Ö., & Tavukçuoğlu, E. (2018). Investigating the High School Students’ Cognitive Structures about the Light Concept through Word Association Test. Journal of Education and Future Year, 13, 121–132.

Rhaudyatun, A. (2017). Pengaruh Metode Cornell Note-Taking Terhadap Kemampua Berpikir Reflektif Matematika Siswa. Universitas Islam Negeri.

Rusdiana, D., Sabandar, J., & Rusli, A. (2014). Capaian Level Berpikir Reflektif Mahasiswa Program Remidial Perkuliahan Fisika Matematika 1 Berbasis Cognitive Apprenticeship Instruction Students ’ S Achievement in Reflective Thinking Level of Cognitive Apprenticeship-Based Instruction of Mathematical P. 10(2), 150–157. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3351

Sari, I., Zuhri, M. S., & Rubowo, M. R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 391–400. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6548

Sasahan, E. Y., Oktova, R., & I.R.N., O. O. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 52. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16364

Setyosari, P. (2015). Tantangan Dan Peran Teknologi Pembelajaran Transformasi Pendidikan Di Era Digital. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM (pp. 484-496)

Socrates, T. P., & Mufit, F. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 96–101. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i1.19219

Sugianto, A. D. P. A. R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Suhu dan Kalor. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 58–67. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1495

Syamsuddin, A., Haking, H., & Idawati, I. (2021). Fostering Student s ’ Reflective Thinking Skill Using Problem Solving-based Student Worksheets in Mathematics Learning Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Reflektif Siswa dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Solving dalam Pembelajaran Mate. 7(1), 1–13. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i1.2410

Trisnawarni, E. C., & Yunianta, T. N. H. (2021). Proses Berpikir Visual Matematis Siswa Exstrovert Dan Introvert Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Tahapan Bulton. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 820. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3489

Wulandari, N. A. (2019). Media Pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategis di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK), 112–117.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa