Penerapan Model pembelajaran Problem Based Larning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas X Teknik Pertambangan SMK Negeri 1 Merapi Timur Tahun Ajaran 2022 / 2023

Erika Trimayanti

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera  Selatan tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).  Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama minimal 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas X Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Merapi Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan hasil belajar siswa. Teknis analisis data adalah analisis data kuantitatif, yaitu rata-rata nilai tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TP SMK Negeri 1 Merapi Timur tahun ajaran 2022/2023 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada Pra siklus menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 40% siswa tuntas, Siklus I hasil belajar siswa mencapai kriteria minimal ketuntasan sebesar 60% dan pada Siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 90 %. Kesimpulan yang dapat diambil dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapannya sehingga layak untuk diterapkan di X TP SMK Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa