Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Melalui Metode Baca Anticipation Guide (AG) pada Materi Kalor
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifuddin, M., Hany, A. R., Mahardika, A. I., M, A. S., Miriam, S., & Zainuddin. (2024). Efektivitas modul momentum dan impuls melalui pembelajaran pemodelan fisika untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah. Kasuari: Physics Education Journal, 7(2), 332-341.
Gumilar, S., Hadianto, D., Widodo, A., Hamdani, N. A., & Tetep. (2023). The use of anticipation guides in reading activities to support college students in developing scientifc written arguments. Science & Education. https://doi.org/10.1007/s11191-023-00484-x
Gunawan, Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/696
Hardini, S. D., & Alberida, H. (2022). Analisis kemampuan argumentasi peserta didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 17(1), 93-99. http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i1.16108
Ishaq, I. M., Khaeruddin, & Usman. (2021). Analisis kemampuan berargumentasi dalam pembelajaran fisika peserta didik SMA Negeri 8 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 17(3), 211-225. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.29781
Jayanti, A. N. (2018). Penerapan model pembelajaran pembangkit argumen pada materi optik untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa kelas VIII SMPN 20 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains, 6(1), 19-25
.
Karlina, G., & Alberida, H. (2021). Kemampuan argumentasi pada pembelajaran biologi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31621
Kurniati, I. (2023). Penerapan strategi anticipation guides terintegrasi aktivitas argumentasi untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa SMP. Magelang: Universitas Tidar. Retrieved from https://repositori.untidar.ac.id/index.php?p=show_detail&id=15626&keywords=
Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan pembelajar di abad ke-21. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia , 2(1), 101-109. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji
Marsiāah, S., Rakhmawan, A., Ahied, M., Hadi, W. P., & Yamin. (2024). Efektivitas perangkat pembelajaran toulmin argumentation pattern (tap) berbasis model adi dan eksperimen untuk melatih keterampilan argumentasi ilmiah. Jurnal Natural Science Educational Research, 7(2), 1-7. https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.26285
Nasution, E. S. (2019). Peningkatan keterampilan berargumentasi ilmiah pada siswa melalui model pembelajaran argument- driven inquiry (ADI). Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 100-108. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/375
Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan literasi membaca peserta didik pada muatan bahasa indonesia kelas 3 di sekolah dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 1034-1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901
Rahayu, M., Kurniati, T., & Yusup, I. R. (2018). Keterampilan argumentasi pada pembelajaran materi sistem respirasi manusia melalui penerapan model pembelajaran think talk write. Jurnal Bio Educatio, 3(2), 50-58.
Rahayu, Y., Suhendar, & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan argumentasi siswa pada materi sistem gerak sma negeri kabupaten sukabumi-indonesia. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 312-318. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802
Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45-53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548
Suri , I. A., & Ansari, K. (2019). Pengaruh strategi anticipation guide terhadap kemampuan menelaah teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 aek kuasan tahun pembelajaran 2018/2019. ASAS : Jurnal Sastra, 59-69.
Wulandari, D., Maison, & Kurniawan, D. A. (2023). Identifikasi pemahaman konsep dan kemampuan berargumentasi peserta didik pada pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 93-99. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.817
Zairina, S., & Hidayati, S. N. (2022). Analisis keterampilan argumentasi siswa smp berbantuan socio-scientific issue pemanasan global. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 10(1), 37-43. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41290
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa