Pelatihan E-Assessment sebagai upaya penilaian pembelajaran dalam masa darurat Covid 19 untuk Guru Fisika dan Matematika di Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang

Yudi Guntara, Usman Usman

Sari


Evaluasi pembelajaran dibutuhkan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran serta mengatahui informasi yang tepat untuk perbaikan proses pembelajaran. Selain itu, asesmen (penilaian) dapat memberikan siswa informasiĀ  tentang kemajuan belajarnya sehingga siswa dapat memperbaiki perilaku belajarnya. Mengingat pentingnya instrumen penilaian, maka seorang guru sebagai pengajar dituntut untuk dapat mengembangkan instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan peserta didik. Di tengah Pandemik Covid 19 terutama di Indonesia, Pemerintah mengeluarkan aturan peralihan siswa di tengah bencana, yang salah satu isinya adalah ujian sekolah yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan melainkan harus dialihkan ke dalam bentuk ujian daring. Namun permasalahan yang muncul adalah tidak semua sekolah siap untuk melaksanakan pembelajaran dan penilaian secara daring. Disamping itu, untuk mata pelajaran fisika dan matematika, mata pelajaran yang identik dengan banyaknya persamaan, mengakibatkan adanya kesulitan dalam pengembangan instrumennya. Padahal banyak aplikasi gratis yang dapat digunakan oleh guru seperti Edmodo, google form dan quizziz. Namun, dalam pemilihan aplikasinya diperlukan pemahaman karena perlu disesuaikan dengan bentuk instrumen dan tujuan penilaian pembelajarannya. Oleh karena itu diperlukan suatu pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan e-assessment. Metode pendekatan yang akan digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan. Pelatihan dilaksanakan dengan penyuluhan, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru dalam menyusun evaluasi pembelajaran secara daring.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa