PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LESSON STUDY PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK

Haris Abizar

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran silabus dan RPP lesson study; (2) mengevaluasi kelayakan silabus dan RPP lesson study; (3) mengukur efektivitas produk silabus dan RPP lesson study pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut; dan (4) mengukur keterlaksanaan lesson study dan efektivitas pembelajaran teknik pemesinan bubut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan produk berdasarkan Richey & Klein (2010). Penelitian diterapkan di SMK Negeri 2 Depok, Sleman pada 30 peserta didik kelas XI TP-B. Tahapan pengembangan terdiri dari analisis, perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Uji validasi dilakukan melalui uji coba internal dan eksternal. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan produk silabus dan RPP lesson study memiliki karakteristik yaitu pembelajaran bersama (mutual learning) dan pendekatan saintifik; (2) penilaian produk silabus dan RPP lesson study layak untuk digunakan; (3) efektivitas penerapan produk silabus dan RPP lesson study menghasilkan penilaian pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang baik  dari  pada nilai  standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); dan (4) respon guru dan observer terhadap keterlaksanaan lesson study adalah sangat baik dan respon peserta didik terhadap efektivitas pembelajaran teknik pemesinan bubut adalah baik.

Keywords


perangkat pembelajaran, lesson study, teknik pemesinan

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2013). Perencanaan pembelajaran. Mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Aiken, L.R. (1985). Psychological testing and assessment (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Altman, D.G. (1991). Practical statistics for medical research. London: Chapman and Hall.

Billett, S. (2011). Vocational education: purposes, traditions and prospects. New York: Springer.

Clarke, L. & Winch, C. (2007). Vocational education: international approaches, developments and systems. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Depdiknas. (2013). Peraturan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65, Tahun 2013, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2014). Peraturan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Depdiknas. (2014). Peraturan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 104 Tahun 2014 tentang Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidkan Dasar dan Pendidikan Menengah.

E. Mulyasa. (2010). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_________. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Finch, R.C. & Crunkilton, R.J. (2004). Curriculum development in vocational and technical education: planning, content, and implementation. Boston: Allyn and Bacon.

Hart, L.C., Alston, A.S., & Murata, A. (2011). Lesson Study Research and Practice in Mathematics Education. Dalam Meyer, R.D. & Wilkerson, T.L. (Eds.). Lesson Study: The Impact on Teachers’ Knowledge for Teaching Mathematics (pp 15-26). New York: Springer.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2008). Models of teaching. (8th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). (2014). Data guru yang sudah mendapatkan pelatihan Kurikulum 2013 se-DIY. Bidang Fasilitas Penjaminan Mutu Pendidikan (FPMP), DIY: LPMP.

Lembaga Sertifikasi Profesi Logam dan Mesin Indonesia (LSP LMI). Sektor Logam dan Mesim Bidang Operasi Mesin dan Proses. Jakarta: Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Grinnel, R.M. Jr. (1988). Social work research and evaluation. (3rd ed.). Itasca, Illionis: F.E. Peacok Publisher, Inc.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesian. (2015). Kemendikbud pantau distribusi buku Kurikulum 2013. Diambil pada tanggal 15 September 2015. http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/node/4438.

M. Setyawan, dkk (1999). Standar kompetensi mesin. Kelompok Bidang Keahlian Mesin Majelis - Pendidikan Kejuruan Nasional - Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Jakarta: KADIN.

Ramdani, S. D., & Haryanto. (2016). Journal of Mechanical Engineering Science. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 61–70. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos/article/view/832/651

Resti, F., Ade Gafar A., & Dadang Lukman, H. (2013). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah. Jurnal INVOTEC, 9, 165-178

Richey, R.C. & Klein, J.D. (2010). Design and development research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc

Saito, E. (2005). Changing lessons, changing learning: Case study of piloting activities under IMSTEP. Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya & Exchange Experience of IMSTEP. Malang, 5-6 September.

Sumar Hendayana, dkk. (2007). Lesson study: Suatu strategi meningkatkan keprofesionalan pendidik (pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.

Sumartono dan Yus Setriarini. (2011). Peningkatan motivasi belajar matematika melalui kegiatan LSBS peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukorejo Pasuruan. Proseding Seminar Nasional Lesson Study, FMIPA Universitas Negeri Malang, 4, 68-72.

Wagiran. (2013). Metodologi penelitian pendidikan (Teori dan implementasi). Yogyakarta: Deepublish.

Zainal Arifin. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License