PROFIL SOFT SKILLS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PENDIDIKAN TEKNIK MESIN DI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

Dianna Ratnawati, Setuju Setuju

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kekuatan dan kelemahan Soft skills mahasiswa tingkat akhir prodi Pendidikan Teknik Mesin UST; dan (2) atribut Soft skills yang masih perlu dikembangkan untuk dikuasai mahasiswa tingkat akhir prodi Pendidikan Teknik Mesin UST. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Adapun sampelnya berjumlah 59 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa angket tentang penilaian Soft skills yang dinilai oleh guru pembimbing Magang III di SMK. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 19.00.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas Soft skills mahasiswa PTM sudah baik, dengan perolehan mean 263,86 dan capaian percentages correction-nya 76,48%; (2) tiap indikator atribut Soft skills masuk dalam kategori cukup, baik, dan sangat baik. Adapun urutan pengembangannya disesuaikan dengan penghitungan nilai rata-rata terendah tiap indikator yaitu inisiatif, manajemen waktu, kerja dalam tim, kemampuan analitis, komunikasi lisan, kreatif, menyelesaikan persoalan, motivasi, mendengarkan, berpikir kritis, kemauan belajar, dapat meringkas, berargumentasi logis, manajemen diri, dapat diandalkan, tangguh, berkoperasi, komitmen, mandiri, dapat mengatasi stres, bersemangat, etika, dan fleksibel.


Keywords


kompetensi, soft skills, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Elfindri. Dkk. (2011). Soft skills untuk Pendidik. Praninta Offset.

Eims, L., Illinois. (1975). Be The Leader You Were Meant To Be. SP Publications, Inc.

Herman. (2008). Kuliah, Jalan Pintas Meraih Kesuksesan,

(online), (http://www.hermann.web.ugm.ac.id, diakses 10 Desember 2013).

Islami, F. A. (2012). Analisis Pengaruh Hard Skills, Soft skill s, dan Motivasi terhadap Kinerja Tenaga Penjualan. Journal of Management, 1 (1).(Online), (http://ejournal-s1.undip.ac.id/ index.php/dbr), diakses 19 April 2013.

Kemdikbud. (2012). Fishbone Diagram Ketidakselarasan Pendidikan dengan DuniaKerja.(Online),(http://penyelarasan.kemdikbud.go.id/home/fish.html), diakses 27 September 2012.

Kemis, G & Kemis, M. (2011). Professional Presence and Soft skill s. Journal of Instructional Pedagogies, 2(1).(Online), (http://aabri.com/jip.html), diakses 15 Februari 2013.

Kushwaha, G. S. (2012). Role of Soft skills and Personality Development. Education Research Journal, 2 (2).(Online), (http://www.resjournals.com/ERJ), diakses 15 Februari 2013.

Purwanto, N. (2002). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusyadi, S. (2012). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa. skripsi. (online) (eprints.ums.ac.id/24085/16/02._naskah_publikasi.), diakses 28 februari 2013.

Sailah, (2007). Pengembangan Soft skills di Perguruan Tinggi, Sosialisasi penegmebangan Soft skills di Kopertis VII Surabaya.

Saillah, I. (2008). Pengembangan Soft skills Di Perguruan Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Shakir, R. (2009). Soft skills at The Malaysian Institutes of Higher Learning. Asia Pacific Educ. Rev, 10 (3).(Online), (http://link.springer.com), diakses 15 April 2013.

Sugiyono (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). BandungCV. Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Suryanto, D. (2013). Relevansi Soft skills yang Dibutuhkan Dunia Usaha/Industri dengan yang Dibelajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Timpe, A.Dale (Editor). (2002). Seri Manajemen Sumber Daya Manusia: Manajemen Waktu. Jakarta: Gramedia Asri Media.

Utama, I. M. S, dkk. (2011). Konsep Pengembangan Panduan Evaluasi Pengembangan Soft skills Mahasiswa melalui Proses Pembelajaran di Universitas Udayana. (Online), (http://staff.unud.ac.id), diakses 29 April 2013.

Widarto. Dkk. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Soft skills dan Hard Skills untuk Siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, November 2012, Th. XXXI, No. 33.

Yager, Jan. (2004). Creative Time Management, Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Yorsuvandira dkk. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan. Jurnal administrasi bisnis (JAB), 11(1). (Online), (http: administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id), diakses 1 Juni 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License