PENGARUH PENGGUNAAN KAMPAS REM BERALUR TERHADAP JARAK PENGEREMAN DAN TEMPERATUR REM TROMOL PADA SEPEDA MOTOR HONDA FIT S
Abstract
Kampas rem tromol biasanya tidak memiliki alur. Fungsi alur adalah sebagai aliran udara dan tempat terbuangnya debu hasil pergesekan kampas rem dengan tromol. Pengujian dilakukan tiga kali percobaan kecepatan 40 km/jam, 50 km/jam, dan 60 km/jam pada beban penekanan tuas dan pedal rem 4 kg dan 5 kg. Teknik analisis data menggunakan rumus T test pada taraf signifikan 5%. Setelah dilakukan uji t, kampas rem alur berlawanan menunjukkan pengaruh besar terhadap jarak pengereman yaitu pada beban 5 kg dengan hasil (T hitung 10.211 > T tabel 4.303) pada taraf signifikan 5%. Kampas rem alur searah putaran roda terhadap temperatur rem tromol roda depan pada beban 4 kg dengan hasil (T hitung 16.385 > T tabel 4.303) pada taraf signifikan 5%. Temperatur rem tromol roda belakang, kampas rem alur searah putaran roda pada beban 5 kg menunjukkan hasil yang paling signifikan dimana (T hitung 13.942 > T tabel 4.303) dengan taraf signifikan 5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lubi. (2001). Perancangan Kampas Rem Beralur dalam Usaha Meningkatkan Kinerja serta Umur dari Kampas Rem. Jurnal Teknik Mesin. 1(1), 21-28.
Wibowo. (2012). Aplikasi Kampas Rem Berlapis dan Beralur untuk Mendapatkan Efek Pengereman Antilok pada Sepeda Motor. Mekanika. 10(2), 63-68.
BSNI. (2008). Metode Pengereman Kendaraan Bermotor Kategori L. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.
Greibe, Poul. (2007). Braking Distance, Friction, and Behaviour. Denmark: Trafitec Scion-DTU.
Maksum, Hasan. (2012). Bahan Ajar Sistem Kemudi, Rem dan Suspensi. Padang: Pendidikan Kejuruan Pasca Sarjana UNP.
Remling, John. (1983). Brakes, Second Edition. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Toyota. (1995). New Step 1 Training Manual. Jakarta: PT Toyota Astra Motor.
Jama, Jalius. & Wagino. (2008). Teknologi Sepeda Motor. Jakarta: Direktur Pembinaan SMK.
Lipson, Carles. & Sherth Narendra J. (1973). Statistical Design and Analysis Of Engineering Experiments. Toyota Japan: McGraw-Hill Kogakhusa, Ltd.
Sutranta, I Nyoman. & Sampurno Bambang. (2010). Teknologi Otomotif Edisi Kedua. Surabaya: Guna Widya.
Kuncoro, Andi Sidik. (2001). Perbandingan Laju Perpindahan Kalor, Efisiensi, dan Efektifitas Sirip Dua Dimensi Utuh dan Berlubang pada Keadaan Tak Tunak dengan Variasi Bahan. Tugas Akhir, Universitas Sanata Dharma.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.