Validation Instruments for the Development of Cooperative Module Based On Student Facilitator and Explaining Type in Courses Powertrain System
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Pane and M. D. Dasopang, “BELAJAR DAN PEMBELAJARAN,” vol. 03, no. 2, p. 20, 2017.
M. A. Setiawan, Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, 2017. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=CPhqDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id
M. Syaiful Rosyid, Mustajab, and A. Rosyid Abdullah, Prestasi Belajar. Batu: Literasi NUsantara, 2019. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=2tmaDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id
D. Juliandri, “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika,” J. Penelit. Pendidik. MIPA, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2016.
M. S. Hanafy, “Konsep belajar dan pembelajaran,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. Dan Kegur., vol. 17, no. 1, pp. 66–79, 2014.
M. Suardi, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
R. Rahmatullah, S. Syahril, and R. Abdullah, “The Effectiveness of the Learning Module Cooperative Learning Student Facilitator and Explaining,” J. Educ. Technol., vol. 5, no. 1, p. 123, Apr. 2021, doi: 10.23887/jet.v5i1.29954.
W. D. Dwiyogo, “Pembelajaran visioner,” Bumi Aksara, 2022.
M. Sari, M. Habibi, and R. Putri, “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pairs-share dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pengembangan karakter siswa sma kota sungai penuh,” Edumatika J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 7–21, 2018.
N. Kusuma, A. Mujib, E. Syahputra, and S. Ariswoyo, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 39–45, 2020.
M. M. Zagoto, “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square,” Educ. J. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2022.
S. M. Mukaromah, “Pengembangan Modul IPA Braille Berbasis Integrasi Islam dan Sains,” INKLUSI, vol. 5, no. 2, p. 195, Sep. 2018, doi: 10.14421/ijds.050203.
S. Aji, M. N. Hudha, and A. Rismawati, “Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika,” SEJ Sci. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 36–51, 2017.
H. H. Al Azka, R. D. Setyawati, and I. U. Albab, “Pengembangan Modul Pembelajaran,” Imajiner J. Mat. Dan Pendidik. Mat., vol. 1, no. 5, pp. 224–236, Oct. 2019, doi: 10.26877/imajiner.v1i5.4473.
Y. P. Sukiminiandari, A. S. Budi, and Y. Supriyati, “Pengembangan modul pembelajaran fisika denganpendekatan saintifik,” in Prosiding seminar nasional fisika (e-journal), 2015, vol. 4, pp. SNF2015-II.
S. F. S. Sirate and R. Ramadhana, “Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi,” J. Inspiratif Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 316–335, 2017.
M. W. Setiyadi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Educ. Sci. Technol. EST, vol. 3, no. 2, p. 102, Aug. 2017, doi: 10.26858/est.v3i2.3468.
D. H. S. Junaida and M. Pd, “Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 2, Nomor 1, Juli 2016, Halaman 75 - 93,” p. 19.
E. Peniati, “Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar IPA berbasis hasil penelitian pembelajaran,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 1, no. 1, 2012.
L. Lasmiyati and I. Harta, “Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat SMP.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 2014. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9077/pdf
T. Ekawati, “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman,” AKSIOMA J. Program Studi Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, Jun. 2019, doi: 10.24127/ajpm.v8i1.1826.
A. Rahmawati, “Pengembangan Modul Kimia Dasar Berbasis Multipel Level Representasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa,” Phenom. J. Pendidik. MIPA, vol. 5, no. 2, pp. 5–18, Feb. 2016, doi: 10.21580/phen.2015.5.2.76.
M. Khoirudin, “Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Biologi Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya,” BIOEDUKASI J. Pendidik. Biol., vol. 7, no. 2, Dec. 2016, doi: 10.24127/bioedukasi.v7i2.611.
W. B. Sulfemi, “Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar IPS,” J. PIPSI J. Pendidik. IPS Indones., vol. 4, no. 1, p. 13, Mar. 2019, doi: 10.26737/jpipsi.v4i1.1204.
R. Manullang, M. F. Rahmadana, and A. E. Putriku, “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kooperatif,” NIAGAWAN, vol. 6, no. 2, Oct. 2017, doi: 10.24114/niaga.v6i2.8337.
H. Wijaya and A. Arismunandar, “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial,” J. Jaffray, vol. 16, no. 2, p. 175, Oct. 2018, doi: 10.25278/jj71.v16i2.302.
A. Azis and A. Maftukhin, “Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014,” p. 4.
D. Mulyono and A. Elly S., “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. Dan Kaji. Kepustakaan Bid. Pendidik. Pengajaran Dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, p. 238, Jul. 2020, doi: 10.33394/jk.v6i2.2536.
A. Saifuddin, “Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfe) Dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi Di Sma Negeri 02 Batu,” vol. 8, p. 12, 2015.
M. Ainin, “Penelitian Pengembangan,” p. 16, 2013.
B. Rahim, J. Adri, and S. Suparno, “Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah Dan Seminar Pada Pendidikan Vokasi,” J. Vokasi Mek. VoMek, vol. 1, no. 2, pp. 39–48, Aug. 2019, doi: 10.24036/vomek.v1i2.64.
S. Azwar, Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v7i2.16688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.