Development Solar Cell Trainer (SCT) as Learning Media on Renewable Energy
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
E. Arif Syaefudin, A. Kholil, D. Arum Wulandari, R. Amilia Avianti, and D. Walujo, “Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sebagai Media Pembelajaran Di SMPN 3 Terisi Indramayu,” Pros. Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2022, p. 2022, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
J. Pengabdian Kampus, H. Satiyadi Jaya, and M. Hudan Rahmat, “Pemanfaatan Teknologi Pompa Portabel Tenaga Surya untuk Sistem Irigasi Kebun,” vol. 10, no. 2, pp. 108–113, 2023.
N. Fithri and C. D. Kusmindari, “Jurnal TEKNO (Civil Engineeering, Elektrical Engineeering and Industrial Engineeering Desain Solar Cell Trainer Dengan Analisis Morfologi,” vol. 19, no. 1, 2022.
A. Asrori, M. N. W. Abdullah, and I. Mashudi, “Rancang Bangun dan Pengujian Kinerja Trainer Kit Instalasi Panel Surya 50 Wp,” JTERA (Jurnal Teknol. Rekayasa), vol. 7, no. 1, p. 91, Jun. 2022, doi: 10.31544/jtera.v7.i1.2022.91-98.
T. Jaakkola and S. Nurmi, “Academic Impact of Learning Objects: The Case of Electric CircuitS Paper presented as part of the ‘Learning objects in the classroom: a European perspective’ symposium at the,” Manchester, 2004.
M. Hudan Rahmat, “Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Media Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring,” vol. 1, no. 1, 2023.
S. Sahronih, A. Purwanto, and M. S. Sumantri, “The effect of interactive learning media on students’ science learning outcomes,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., vol. Part F1483, pp. 20–24, 2019, doi: 10.1145/3323771.3323797.
R. Delfianti, “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer-Kit Instalasi Motor Listrik Berbasis Problem Based Learning Di SMK NEGERI 1 Sedayu,” 2019.
T. Surya, D. I. Smk, and N. Magelang, “Media Pembelajaran Dalam Materi Ajar Pembangkit Listrik,” vol. 3, no. 1, pp. 35–41, 2014.
Y. Defawati, “Kit Solar Sel/Panel Surya Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Efek Fotolistrik,” Sci. Phys. Educ. J., vol. 2, no. 2, pp. 61–65, 2019, doi: 10.31539/spej.v2i2.639.
S. Samsurizal, S. Azzahra, C. Christiono, M. Fikri, H. Azis, and A. Yogianto, “Prototype Pembelajaran Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Berbasis Energi Surya,” Terang, vol. 4, no. 1, pp. 125–135, 2021, doi: 10.33322/terang.v4i1.1278.
R. Rahayu and R. Ismawati, “Jurnal Pendidikan MIPA,” J. Pendidik. MIPA, vol. 12, no. September, pp. 682–689, 2022.
J. . Dick, W., Carey, L., & Carey, The Systematic Design of Instruction. United States of America: Pearson, 2015.
U. A. Chaeruman, “Evaluasi Media Pembelajaran.” [Online]. Available: www.freepik.com
Muhammad Hudan Rahmat and Harie Satiyadi Jaya, “the Development of Flip Book-Based E-Module on the Subject of Computer Aided Manufacturing (Cam),” BALANGA J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 8, no. 2, pp. 55–62, 2020, doi: 10.37304/balanga.v8i2.1937.
F. Rozi, “Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar.”
T. I. Harun Arrasyid and A. Ansori, “Pengembangan Sistem Kontrol Solar Cell Berbasis Sensor LDR dengan Acuan Pergerakan Matahari Pengembangan Sistem Kontrol Solar Cell Berbasis Ldr (Light Dependent Resistor) Dengan Acuan Pergerakan Matahari Takbirul Imam Harun Arrasyid,” vol. 2, pp. 33–40, 2018, [Online]. Available: file:///C:/Users/master/Downloads/23568-Article Text-27788-1-10-20180608.pdf
P. Siagian and R. Manurung, “Pengembangan Panel Surya 120 Wp Dengan Solar Tracker Double Axis Sebagai Bahan Pembelajaran Mahasiswa di Program Studi Teknik Mesin UHN,” SJoME, vol. 3, no. 2, pp. 115–128, 2022.
I. Made, Y. Premana, N. Suharsono, I. Made Tegeh, P. Studi, and T. Pembelajaran, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2d Untuk Bidang Keahlian Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan,” 2013.
D. Septiana Sari and K. Handoyo Sugiyarto, “Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 1, no. 2, pp. 153–166, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v8i2.22799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.