PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PRAKTIKUM ENGINE SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian kompetensi praktikum engine siswa SMK Program Keahlian Teknik Otomotif. Sampel penelitian menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Konstruk kompetensi praktikum engine terdiri dari 3 dimensi, yakni: kognitif (pengetahuan), psikomotor (keterampilan), dan afektif (sikap). Pengembangan butir pernyataan komponen penilaian berdasarkan telaah pakar dan panelis. Melalui telaah pakar dan validasi panelis terpilih 51 butir dan nilai koefisien reliabilitas interrater cukup tinggi di atas 0,7. Instrumen diuji cobakan kepada siswa SMK kelas XI, tahap pertama sebanyak 275 siswa dan tahap kedua sebanyak 325 siswa. Secara empiris, melalui pengujian analisis faktor konfirmatori didapatkan nilai loading factor di atas 0,3 pada uji coba pertama dan kedua. Dari perhitungan nilai koefisien reliabilitas multidimensi pada uji coba pertama dan kedua menunjukkan bahwa nilai koefisien reliabilitas konstruk lebih dari 0,9 dan nilai Average Variance Extracted (AVE) lebih besar dari 0,5 yang berarti tingkat validitas dan reliabilitas instrumen penilaian tergolong sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kompetensi praktikum engine ini telah memiliki validitas dan reliabilitas konstruk yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i1.826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.