PENGEMBANGAN STUDENT SELF-ASSESSMENT BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMK

Sulaeman Deni Ramdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat student self-assessment yang tepat untuk Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan SMK Teknik Kendaraan Ringan, dan untuk mengetahui karakteristik perangkat student self-assessment yang valid, reliabel, dan praktis. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah pengembangan Borg & Gall dengan desain pengembangan terdiri dari sepuluh langkah. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian TKR. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan instrumen penilaian. Teknik analisis   data   menggunakan   teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan metode Corrected Item-Total Correlations. Peninjauan validitas isi menggunakan peninjauan konsistensi penilaian rater dengan Intraclass Correlation Coefficient. Hasil penelitian ini berupa seperangkat student self-assessment yang terdiri dari instrumen penilaian, rubrik penilaian, dan pedoman pengembangan penilaian. Perangkat student self-assessment Mata Pelajaran PKKR SMK Kompetensi Keahlian TKR dinyatakan memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis.


Keywords


kurikulum 2013, pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan, pendidikan kejuruan, penilaian, student self-assessment

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i1.832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License