PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS CALON GURU SEJARAH

Oka Agus Kurniawan Shavab, Gurdjita Gurdjita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa calon guru sejarah angkatan 2014 di Universitas Siliwangi. Berdasarkan dari penelitian yang sudah dilakukan bahwa kemampuan berpikir kritis calon guru sejarah meningkat. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan yang signifikan antara hasil pretest dan post test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis calon guru sejarah. T hitung = 10.934 dan T tabel adalah 1.684 maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ho sendiri adalah tidak adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis calon guru sejarah setelah memanfaatkan media pembelajaran blog. Respon dari calon guru sejarah setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan blog terdapat berbagai macam pendapat. Sebagaian besar calon peserta didik memahami dengan apa yang disampaikan pada saat kegiatan pembelajaran dengan menggunakan blog dan menurut mereka pembelajaran ini sangat bagus

Keywords


Pemanfaatan Blog; Media Pembelajaran; Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Creswell. John. W. 2011. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Method. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Ennis, R. H. 2005. Critical Thinking Test. USA Bright Minds.

Herutomo, Agung. Conquering Web 2.0. 2010. Jakarta: PT Elex media Komputindo.

Kuswama, W. S. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Forum Kependidikan Nomor 2 Volume 2 Tahun 2009.

Solomon, Gwen dan Schrum, Lynne. 2011. Web 2.0: Panduan Bagi Para Pendidik. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Supriatna, Encep. 2011. Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Menumbuhkan Berfikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Makalah disampaikan pada acara seminar Internasional ASPENSI.

Tilaar. 2011. Pedagogik Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Department of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
candrasangkala@untirta.ac.id; milhamg@untirta@ac.id

Creative Commons License Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)

View My Stats