PENGEMBANGAN POTENSI WISATA SITUS GANDOANG WANASIGRA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA WANASIGRA KECAMATAN SINDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS

Yadi Kusmayadi

Abstract


Abstrak: Latar belakang penelitian ini berupaya untuk mengungkapkan tentang: peninggalan arkeologis yang ada di Situs Gandoang Desa Wanasigra dan Upaya pengembangan wisata Situs Gandoang untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Wanasigra. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi heuristik, kritik (kritik intern dan kritik ekstern), interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peninggalan arkeologis yang ada di Situs Gandoang Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis antara lain naskah kuno yang terbuat dari tambaga dan kertas daluang, makam-makam, dan tombak. Serta peninggalan intangible yaitu tradisi Merlawu. Upaya pengembangan yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Wanasigra umumnya dan masyarakat sekitar Situs Gandoang khususnya adalah membuat souvenir dan membuka usaha warung. Sedangkan untuk usaha keberlangsungan dari pengembangan wisata Situs Gandoang adalah dengan membuat biografi tokoh-tokoh yang ada di Situs Gandoang, membuat buklet Situs Gandoang, dan publikasi Situs Gandoang di internet dengan membuat blog, facebook, dan media sosial lainnya.


Keywords


Kata kunci: Situs Gandoang Wanasigra, Kesejahteraan Masyarakat

Full Text:

PDF PDF

References


Ariyanto, Yoesoef Boedi. 2014. “Manfaat Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya untuk Kepentingan Pembangunan Nasional” Prosiding

Seminar Nasional Arkeologi 2014. Bandung: Alqa Print.

Bishop, Penny A dan Kathleen Brinegar. Winter 2011. “Student Learning And Engagement In The Context Of Curriculum Integration”. Middle Grades Research Journal. 6.4. p207. (http://go.galegroup.com/ps/i.do?id=GALE%7CA284016019&v=2.1&u=kpt04022&it=r&p=GPS&sw=w&asid=63537d77ee9ac4309719b5bf7e2a1338)

Daniel, Dominique. February 2012. “Teaching Students How to Research the Past: Historians and Librarians in the Digital Age”. The History Teacher.Volume 45 Number 2.

Fountain,Gregor ;Michael Harcourtdan Mark Sheehan. May 2011. “Historical Significance And Sites Of Memory”. Set: Research Information for Teachers (Wellington). p26. (http://go.galegroup.com/ps/i.do?id=GALE%7CA272739076&v=2.1&u=kpt04022&it=r&p=GPS&sw=w&asid=5465b1453cddef5f20c9642060e4575c)

Furchan, Arief. 2011. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Latifunda, Effie. 2013. “Pengaruh Budaya Pra-Islam Pada Makam Di Desa Salakaria Kecamatan Sukadana-Ciamis”. Jurnal Pubawidya Volume 2 No 1. Bandung: Balai Arkeologi.

Lubis, Nina Herlina, dkk. 2013. Sejarah Kerajaan Sunda. Bandung: Yayasan MSI.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sharer, Robert J & Wendy Ashmore. 2003. Archaeology: Discovering Our Past. New York: The Mcgraw-Hill Companies.

Sjamsudin, Helius. 2012. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya

Widja, I Gde. 1991. Sejarah Lokal: Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Bandung: Angkasa

https://murdilalu.wordpress.com/2012/04/01/wisata-sejarah-sebuah-prolog-fungsi-sejarah-dalam-pengembangan-wisata-sejarah-dan-penggalian-sejarah-lokal-di-lombok-timur-ntb/




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i1.3432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: