INTEGRASI METODE HISTRIONIK DENGAN NILAI HEROISME PADA MATAKULIAH SEJARAH REVOLUSI INDONESIA

Arif Permana Putra, Ana Nurhasanah, Rikza Fauzan

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam kegiatan perkuliahan Sejarah Revolusi Indonesia, diketahui bahwa mahasiswa atau peserta didik masih terkesan kurang aktif sehingga perlu sentuhan kreatif melalui metode histrionik sebagai upaya penanaman nilai. Matakuliah Sejarah Revolusi Indonesia sarat akan nilai nasionalisme dan heroisme. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui integrasi metode histrionik dengan nilai heroisme pada mahasiswa pendidikan sejarah FKIP Untirta Tahun Akademik 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang mendeskripsikan dan mengungkapkan tentang rancangan pembelajaran, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil temuan pembelajaran dengan metode histrionik pada mahasiswa pendidikan sejarah FKIP Untirta. Hasil pementasan drama dengan lakon “Penyamaran Terakhir Tan Malaka Di Bayah” menunjukkan bahwa peserta didik memahami makna perjuangan anti kolonialisme sekaligus nilai heroisme dan tidak hanya tentang kronologi suatu peristiwa sejarah.


Keywords


Metode Histrionik, Heroisme, Sejarah Revolusi Indonesia

Full Text:

PDF

References


Buku

Sardiman, AM. 2012. Pembelajaran Sejarah dan Penguatan Jati Diri Bangsa, Makalah Disampaikan dalam Sarasehan tentang Kebangkitan Nasional di Dinas Kebudayaan Propinsi DIY, pada Tanggal 30 Mei 2012.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suryo, Djoko. 1996. “Pengembangan Kajian Sejarah dalam Kurikulum SLTA” Makalah, disampaikan pada acara seminar dalam rangka Dies Natalis IKIP Semarang, 13 Maret 1991.

Walsh, W.H. 1967. An Intoduction to the Phillosophy of History. London: Hutchinson.

Wardani, Dani. 2016. Reenactment Nilai-nilai Kepahlawanan Melalui Pembelajaran Sejarah dengan Menggunakan Metode Histrionik. Jurnal Susur Galur : Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, Vol 4, No 1.

Internet

Sultan Hamengku Buwono X. 2017. Menyemai Nilai Kepahlawanan. (http://sastra-pembebasan.10929.n7.nabble.com/sastra-pembebasan-Makna-Kepahlawanan-Bergeser-Menyemai-Nilai-Kepahlawanan-Siapakah-Pahlawan-Itu-td33514.html, diunduh tanggal 30 Maret 2017).

Wawancara

Achmad Firman Firdaus, mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2015 dan berpartisipasi dalam pementasan sebagai tokoh utama “Penyamaran Terakhir Tan Malaka di Bayah”, pada tanggal 4 April 2017.

Liska Fitriani, mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2015 dan berpartisipasi dalam pementasan dibagian make up dan wardrobe “Penyamaran Terakhir Tan Malaka di Bayah”, pada tanggal 15 Juni 2017.

Lucas Bagas Pangestu, mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2015 dan berpartisipasi dalam pementasan dibagian dokumentasi “Penyamaran Terakhir Tan Malaka di Bayah”, pada tanggal 15 Juni 2017.

M. Febri Ramadhani, mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2015 dan berpartisipasi dalam pementasan dibagian settingan “Penyamaran Terakhir Tan Malaka di Bayah”, pada tanggal 15 Juni 2017Tilaar. 2011. Pedagogik Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats Flag Counter