PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOG PADA MATA KULIAH SEJARAH KONTEMPORER EROPA

Oka Agus Kurniawan Shavab, Gurdjita Gurdjita

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengembangan blog mata kuliah Sejarah Kontemporer Eropa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan blog pembelajran pada mata kuliah Sejarah Kontemporer Eropa dan  blog yang sudah ada kurang menarik bagi mahasiswa sehingga tidak dapat  meningkatkan antusiasme dalam segi penggunaannya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Penelitian dan Pengembangan, yaitu  metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Berdasarkan angket penilai dari ahli media di atas bahwa hasil penilaian dari media pembelajran yang dibuat memiliki rata-rata nilainya 85,4 % sehingga dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan mengacu pada skala Likert. Hasil pengumpulan data tanggapan pemakaian terbatas  ditinjau dari aspek  tampilan media, penggunaan bahasa,penggunaan blog, dan manfaat blog diperoleh skor 337,75 % dan rata-rata mencapai 84,43%. Hasil tanggapan pemakaian lebih luas ditinjau dari aspek (1) Tampilan media, memperoleh skor 490 dengan persentase pencapaian 85,06%, (2) Penggunaan bahasa, memperoleh skor 432 dengan persentase pencapaian 84,25%, (3) Penggunaan blog, memperoleh skor 500 dengan persentase pencapaian 86,80 %, dan (4) Manfaat blog, memperoleh skor 539 dengan presentase pencapaian 93,57%. Berdasarkan tabel skala Likert, hasil dari masing-masing indikator pengembangan media pembelajaran blog yang sudah diujicobakan berada di ruang lingkup layak.


Keywords


Media Pembelajaran Blog, Sejarah Kontemporer Eropa

Full Text:

PDF

References


Gilakjani, A. P., Ismail, H. N., & Ahmadi, S. M. 2012. The Effect of Multimodal Learning Models on Language Teaching and Learning. Theory and Practice in Language Studies.1(10), 1321-1327.

Putra, Nusa. 2011. Research and Development. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rokhman, Sardiman dan Pramandanu. 2015. Pengembangan Media Blog Sejarah Untuk Pembelajaran Sejarah di SMA. Istoria. Vol 10. No. 2.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats Flag Counter