Efektifitas Internet dalam Learning Cycle 6e pada Materi Hidrokarbon ditinjau dari Hasil Belajar Siswa

Bagus Adi Hermawan, Suryani Wonorahardjo, Siti Marfuah

Abstract


Hidrokarbon adalah salah satu materi dalam cabang ilmu kimia organik yang berkembang pesat. Pada kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) kimia organik mulai dibelajarkan di kelas X pada materi hidrokarbon. Pembelajaran hidrokarbon selama ini dilakukan dengan studi refrensi saja. Namun seiring perkembangan tehnologi dan informasi siswa lebih memilih internet karena dinilai praktis. Pembelajaran dengan menggunakan internet akan lebih baik jika digabungkan dengan suatu model pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui keefektifan penggunaan internet dalam pembelajaran Learning Cycle 6E sehingga peneliti mengambil judul penelitian “Keefektifan Internet dalam Learning Cycle-6E pada Materi Hidrokarbon jika ditinjau dari Hasil Belajar Siswa”. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan semu (Quasy Experimental Design). Sampel yang digunakan adalah siswa – siswi kelas X di SMAN 4 kota Kediri. Penelitian ini menggunakan dua kelas, sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data hasil temuan penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi hidrokarbon yang diajarkan menggunakan model Learning Cycle-6E berbantuan internet terbukti efektif dimana ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana nilai rata – rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Keywords


Keefektifan; HOTS; Blended learning; 6E Learning Cycle

Full Text:

PDF

References


Ary, D. 2010. Introduction to Reesearch in Education. Canada: Wadsworth.

Akkoyunlu, B & Yilmaz, S.M. 2006. A Study on Students’ Views on Blended Learning Environment. Turkish. Online. Journal of Distance Education-TOJDE. 7(3) : 43-56.

Asmuni. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo Terhadap Partisipasi Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Materi Ajar Teoritis dan Praktis. Makalah disajikan pada Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran tahun 2015 di STKIP PGRI Jombang, Jombang 25-26 April 2015.

Balasubramanian, K.J & Nitin, V.L. 2014. A study on “ Student preference towards the use of Edmodo as a learning platform to create responsible learning environment ”. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 144 : 416 – 422

Chang, R. 2001. General Chemistry-(volume 6). New York: Mc-Graw-Hill Companies.

Dale, E. 1969. Audiovisual Methods in Teaching. New York: Dryden Press

Effendy. 2007. A-Level Chemistry (volume 1A). Malang: Bayu Media Publishing.

Fajaroh, F. & Dasna, I, W. 2003. Penggunaan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas II SMU Negeri Tumpang-Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol II (2) 1-10

Iskandar, S.M. 2006. Improving The Organic Chemistry Teaching Learning Process and The Student’s English Reading Comprehension. Jurnal Pendidikan, 13 (3) : 203 – 208.

Jespersen, N.D., Brady, J.E., Hyslop.A. 2004. Chemistry The Molecular Nature of Matter. USA: Wiley.

Juraman, S.R. 2014. Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Dalam Mengakses Informasi Edukatif, 3(1) , (Online),. (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/viewFile/4493/4022). Diakses pada Oktober 2016.

Lawson, A.E., Abraham, M.R. & Renner, J.W. 1989. A Theory of Instruction: Using The Learning Cycle to teach Science Concepts and Thinking Skills. Departement Zoology, Chemistry and Education: Oklahoma University. (Online) (http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED324204.pdf) . Diakses pada 13/6/2017

Loudon, M. 2009. Organic Chemistry (volume 5). Roberts and Company Publishers.

Manafe, H.E., Ibnu, S & Fajaroh, F.2017. Pengaruh Penerapan Learning Cycle 6E Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik dengan Kemampuan Awal Berbeda, Jurnal Pendidikan: Teori Pendidikan dan Pengembangan, 2(2): 252-260.

Middlecamp,C & Kean, E. 1985. Panduan Belajar Kimia Dasar. Jakarta: Gramedia.

Na’imah, N.J., Supartono & Wardani, S. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9 (2): 1566-1574.

Olapiriyakul, K & Scher, J.M. 2006. A Guide to Establishing hybrid Learning Course: Employing Information Technology to Create a New Learning Experience, and a Case Study. Journal Internet and Higher Education, 9 (4): 287-301.

Rika, J., Kadaritna, N., Betta, R., & Ratu. 2013. Efektifitas Model Learning Cycle 6E dalam Meningkatkan Keterampilan Inferensi dan Pnguasaan Konsep Koloid. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 2 (3), (Online) (http://jurnal.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/2929) Diakses pada 28 Mei 2017.

Sumarmi, W. 2013. Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan PEnguasaan Konsep Kimia dan Ketrampilan Berfikir Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19 (1): 69-77, (Online) (https://www.researchgate.net/publication/307674674).

Williams A, H. Pence. 2011. Smart Phones, a Powerful Tool in The Chemistry Classroom. Journal oc Chemical Education, 88 (6) : 683 – 686.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bagus Adi Hermawan, Suryani Wonorahardjo, Siti Marfuah

EduChemia Indexed by:

Hasil gambar untuk logo google scholar     Hasil gambar untuk logo DOAJ

 

 

Hasil gambar untuk logo IPI garuda

 

Hasil gambar untuk logo sinta dikti