Pengaruh Model Daur Belajar Enam Fase-STAD Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa

Anike Sem, Srini Iskandar, Sri Rahayu

Abstract


Model Pembelajaran Learning Cycle menekankan pada masalah rendahnya hasil belajar siswa dan mendorong motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran. Model pembelajaran Learning Cycle dapat dipadukan dengan model pembelajaran STAD pada fase elaborasi. Perpaduan tersebut bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 6E-STAD dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 6E. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI IPA yang dipilih secara random sampling. Instrumen penelitian terdiri atas tes pilihan ganda materi asam basa dan angket motivasi yang valid dan reliabel. Data hasil belajar dan motivasi siswa dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan menggunakan uji t pada taraf sig. α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil dan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC 6E-STAD dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC 6E pada materi asam basa. Hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa kelas LC 6E-STAD lebih baik dari kelas LC 6E. Motivasi belajar siswa pada kelas LC 6E-STAD lebih meningkat dibanding motivasi belajar pada kelas LC 6E.


Keywords


Model Daur Belajar 6 Fase-STAD; Learning cycle; Hasil belajar; Motivasi belajar

References


Agistria, R. 2015. Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 5E-STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 10 Malang Pada Materi Redoks. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Edisi Kedua. Buku Dua. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Budiasih, E. dan Widarti, H.R. 2004. Penerapan Pendekatan Daur Belajar (Learning Cycle Dalam Pembelajaran Matakuliah Praktikum Analisis Instrument. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.Vol. 10. Hal: 70-78.

Bybee, R., Taylor, J., Gardner, A., Scottr, P., Powell, J., Westbrook, A., LandesN. 2006 . The BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness. A Report Prepared for Office of Science Education Nation Institutes of Health: BSCS Colorado Springs, CO, (Online), (Http://science. Education.nih.gov/houseofreps.nsf/Appendix), diakses 5 Februari 2015.

Chang, R. 2003. General Chemistry: The Essential Concepts Third Editions. Terjemahan oleh Suminar Setiati Achmadi, Ph.D. 2005. Jakarta: Erlangga.

Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dindar, C.A., dan Geban, O. 2011. What Affect High School Student’ Chemistry Learning?. Journal of Education Science. 439-442.

Effendy. 2010. A-Level Chemistry for Senior High School Students Based on 2007. Cambridge Curriculum Volume 1A. Malang: Bayumedia Publishig.

Fajaroh, F. dan Dasna, I, W. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Larning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas II SMU Negeri I Tumpang Malang. Malang: Lembaga Penelitian UM.

Herbandri. 2008. Penerapan paduan Model Pembelajajaran Daur Belajar ( Learning Cycle) dan Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kulitas Proses dan Hasil Belajar Kimia. Tesis tidak diterbitkan. Malang. UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.1846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Anike Sem, Srini Iskandar, Sri Rahayu

EduChemia Indexed by:

Hasil gambar untuk logo google scholar     Hasil gambar untuk logo DOAJ

 

 

Hasil gambar untuk logo IPI garuda

 

Hasil gambar untuk logo sinta dikti