Peranan Model Siklus Belajar 5E dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat Koligatif Larutan

Rody Putra Sartika

Abstract


Abstrak: Tujuan pada penelitian ini adalah mendekripsikan peranan pembelajaran menggunakan model siklus belajar 5E dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa FKIP Untan pada materi sifat koligatif larutan.Rancangan yang digunakan adalah one shoot case study.Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Kimia FKIP Untan pada semester II yang mengambil mata kuliah Kimia Dasar II.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan kelas A2 dipilih sebagai sampel penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui pengukuran menggunakan instrumen tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif menggunakan rumus skor gain ternormalisasi. Hasil penelitian diperoleh persentase peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada kategori sedang sebesar 34% dan kategori rendah sebesar 66%.


Keywords


Siklus belajar 5E; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Astutik, S, 2012, 'Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbasis Eksperimen pada Pembeljaran Sains di SDN Patrang 1 Jember, Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, Vol 1, No 2, hal. 143-153.

Dewi, R, Supriyanti, FMT, and Dwiyanti, G, 2016, ‘Analisis Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit-Nonelektrolit Siswa Menggunakan Siklus Belajar Hipotesis’, EduChemia Vol.1, No.2, Juli, 2016: 98-109.

Duran, E, dkk, 2011, ‘A Learning Cycle for All Student’, Sci Links, Ohio.

Gazali, A, Hidayat, A, and Yuliati, L, 2015, 'Efektivitas Model Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa'. Jurnal Pendidikan Sains, Vol 3.

Hasyim, F, Saputro, MDA, and Fadilla, EN, 2015, 'Pengembangan

Integrated Assessment untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Siswa Kelas VII SMP', diakses 29 Mei 2016, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=273499&val=7135&title=Pengembangan%20integrated%20assessment%20untuk%20mengukur%20keterampilan%20proses%20sains%20dan%20keterampilan%20%20Berpikir%20siswa%20kelas%20vii%20smp.

Ibrahim, M, 2012, ‘Pembelajaran Berdasarkan Masalah’, Unesa University Press, Surabaya.

Kiswoyowati, A, 2011, 'Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup siswa', Edisi Khusus, No. 1, hh. 120-126.

Mulyasa, 2011, ‘Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan’, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nissen, JM, Talbot, RM, Thompson, AN, and Dusen, BV, 2018, ‘A comparison of normalized gain and Cohen’s d for analyzing gains on concept inventories’, diakses 13 September 2018, https://arxiv.org/pdf/1612.09180.pdf.

Purniati, T, Yulianti, K, and Sispiyati, R, 2009, 'Penerapan Model Siklus

Belajar (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Kapita Selekta Matematika', Jurnal Pendidikan. Vol.9, No. 1, hh. 1-5.

Rahmawati, SK, and Dasna, IW, 2016, 'Kajian Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP', Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, Malang, hh. 1063-1070.

Sari, I, Sonjaya, Y, and Anwar, S, 2016, ‘Penggunaan Bahan Ajar Hasil Terjemahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar’, EduChemia Vol.1, No.1, hh. 36-50.

Sari, IFY, Martini, SK, and Yamtinah, S, 2013, 'Implementasi Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) disertai dengan Handot untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 3 SMA Al-Islam 1 Surakarta', Jurnal Pendidikan Kimia, hh. 199-204.

Sartika, RP, and Lestari, I, 2016, ‘Peningkatan Pemahaman Siswa pada Materi Koloid Menggunakan Pembelajaran Model Siklus Belajar 5e Kelas XI SMAN 2 Pontianak’, Jurnal Matematika dan IPA, Vol 7, No 2 , hh. 32-43.

Slavin, R E, 2011, ‘Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kesembilan’, PT Indeks, Jakarta.

Sugiyono, 2008, ‘Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D)’, Alfabeta, Bandung.

Sukmadinata, NS, 2002, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek’, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tuna, A, and Kacar, A, 2013, ‘The Effect of 5E Learning Cycle Model in Teaching Trigonometry on Students’ Academic Achievement and the Permanence of Their Knowledge’, International Journal on New Trends in Education and Their Implications (ijonte), Vol.4, Issue 1 , hh. 73-87.

Utami, B, Hastuti, B, Yamtinah, S, Padmini, S, and Arroyan, F, 2013, 'Penerapan Siklus Belajar 5E Disertai LKS untuk Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia', Cakrawala Pendidikan, Th. XXXII, No. 2, hh. 315-325.

Wilder, M., & Shuttleworth, P, 2010, ‘Cell Inquiry: A 5e Learning Cycle Lesson’, Science Activities: Classroom Projects and Curriculum Vol. 41, No. 4, hh. 37-43.

Winarni, S, 2010, ‘Perlunya Konsep Kimia Secara Benar Pada Buku Ajar Kimia SMA’, Jurnal Biologi Edukasi Vol. 2, No.1, hh. 42-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i2.3052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rody Putra Sartika

EduChemia Indexed by:

Hasil gambar untuk logo google scholar     Hasil gambar untuk logo DOAJ

 

 

Hasil gambar untuk logo IPI garuda

 

Hasil gambar untuk logo sinta dikti