ANALISIS LITERASI SAINS SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI JAKARTA SELATAN

Ahmad Ali Irfan Ardiansyah, Dedi Irwandi, Dewi Murniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di sekolah-sekolah di Jakarta Selatan dengan menggunakan acuan awal nilai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2013 provinsi DKI Jakarta yang selanjutnya setiap sekolah dikelompokkan dalam strata atas, strata tengah, dan strata bawah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 29, 47, 66, 74, dan 87 di Jakarta Selatan pada tanggal 7 Juli sampai 15 Agustus 2015. Disain penelitian ini adalah penelitian survei dengan target populasi 96 siswa berdasarkan teknik sampling berstrata. Framework literasi sains yang digunakan terdiri dari literasi nominal, fungsional, konseptual, dan multidimensional. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner, uraian terbuka, dan esai. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analsis data ditemukan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa dari strata atas menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan literasi nominal, konseptual, dan multidimensional lebih tinggi dari siswa strata bawah dan tengah. Nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa dari strata bawah memiliki kemampuan literasi fungsional yang lebih tinggi dari siswa strata atas dan tengah.

Keywords


Literasi Sains; Hukum Dasar Kimia; Siswa SMA Negeri; Survey

Full Text:

PDF

References


Admin 2013, Jakarta Baru Jakarta Berbagi,(http://disdikjakarta.wordpress.com/2013/06/06/daftar-alamat-sman-dki-jakarta/).

Admin 2015, Data Pendidikan, (http://datadikdki.net/index.php?mn=sekolah&jjg=sma).

Admin 2015, SMA Negeri 67 Halim Perdanakusuma, (sman67-jkt.sch.id: http://sman67-jkt.sch.id./alamat-sma).

Bybee, R. W. 2010, The teaching of science: 21th century perspective NSTA Press, Virginia.

Celik, S. 2014, Chemical Literacy Levels of Science and Methematics Teacher Candidates, Australian Journal of Teacher

Education, vol. 39, no. 1, 15, (doi:10.14221/ajte.2014v39n1.5).

Holbrook, J., & Rannikmae, M. 2009, The Meaning of Scientific Literacy, International Journal of Environmental & Science Education, vol. 4, no. 3, hh. 275-288.

Litbang Kemendikbud 2011, Survei International PISA, diakses 25 September 2014, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan:

(http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa).

Kemendikbud, L. 2012, E-Reporting Ujian Nasional. Pusat Penilaian Pendidikan: (http://118.98.234.22/sekretariat/hasilun/index.php/serapan_sma).

Martin, M. O., Mullis, I. V., & Foy, P. 2008, TIMSS 2007 International Science Report Findings fro, IEA'a Trends in International Mathematics and Science Study at the Fourth and Eight Grades, Lynch School of Education, Boston.

Martin, M. O., Mullis, I. V., & Pierre, F. 2012, TIMSS 2011 International Results in Science, Lynch School of Education, Boston.

Mendikbud 2013, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013, Mendikbud, Jakarta.

Odja, A. H., & Payu, C. S. 2014, Analisis kemampuan awal literasi sains siswa pada konsep IPA, Prosiding Seminar Nasional Kimia, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, hh. C40-C47.

OECD 2014, PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Revised ed., Vol. I), OECD Publishing.

Ozmen, H., & Ayas, A. 2003, Students' difficulties in understanding conservation of matter in open and closed-system chemical reaction. CERP, vol. 4, no. 3, hh. 279-290.

Puspitarini, M. 2014. Soal UN Setara Ujian Dunia, Okezone: (http.//news.okezone,com/read/2014/04/14/560/969831/soal-un-setara-ujian-dunia).

Shwartz, Y., Ben-Zvi, R., & Hofstein, A. 2006, The use of scientific literacy taxonomy for assessing the development of chemical literacy among high-school students. Chemistry Education Research and Practice, vol. 7, no. 4, hh. 203-225.

Soobrad, R., & Rannikmae, M. 2011, Assessing student's level of scientific literacy using interdisciplinary scenarios, Science Education International, vol. 22, no. 2, hh. 133-144.

Sue, T., Hilman, K., & Bortoli, L. D. 2013, A teacher's guide to PISA scientific literacy, ACER Press, Australia.

Wijayanti, I. 2006, Efektivitas Metode Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Yang Didukung Diagram V (Ve) Dan Tai Didukung Peta Konsep Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Memperhatikan Keingintahuan Siswa Kelas X Semester Genap Sma Batik 1 Surakarta, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Yenyong, C., & Narjaikaew, P. 2009, Scientific Literacy and Thailand Science Education, International Journal of Environmental & Science Education, vol. 4, no. 3, hh. 335-349.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v1i2.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ahmad Ali Irfan Ardiansyah, Dedi Irwandi, Dewi Murniati

EduChemia Indexed by:

  Image     Image       Image     Image   Image

Visitor