Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN

UNTUK HERMENEUTIKA : JURNAL HERMENEUTIKA

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika mempublikasikan artikel dan naskah hasil penelitian dalam bidang Sosiologi dan secara khusus Pendidikan Sosiologi. Redaksi Hermeneutika mengundang guru, dosen, praktisi dan peneliti untuk menyumbangkan naskah.

A. PENGIRIMAN NASKAH

  1. Naskah yang dikirim ke Hermeneutika merupakan hasil penelitian, penelitian lapangan, atau penelitian sastra dan artikel bidang Pendidikan Sosiologi dan Sosiologi yang belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun baik nasional maupun internasional atau tidak sedang diusulkan dimuat di jurnal lain dan tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Naskah diketik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi 1,5 dalam 2 kolom. Jarak tepi 3 cm di semua tepi, Rumus dan Persamaan ditulis dengan Microsoft Equation. Naskah dicetak pada kertas A4 sepanjang 10-20 halaman.
  3. Naskah lengkap dikirim melalui manajemen Open Journal System (OJS) di http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika/about/submissions#onlineSubmissions atau juga dapat dilampirkan dalam email ke : sosiologi@untirta.ac.id
  4. Naskah yang telah lulus dari tinjauan awal oleh administrator jurnal akan dikirim ke dewan editorial dan akan diputuskan apakah akan diterbitkan atau tidak. Penulis artikel yang melewati proses peninjauan dan dipilih untuk publikasi akan menerima tanda terima jurnal. Sementara penulis artikel yang tidak lolos proses peninjauan akan menerima surat pemberitahuan.
  5. Semua manuskrip ditinjau secara anonim oleh peer review yang dipilih oleh editor berdasarkan bidang keahlian mereka. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) pada naskah berdasarkan rekomendasi / saran dari peer review atau editor. Keputusan naskah diterima atau ditolak akan diberitahukan melalui surat atau email.
  6. Editor berhak untuk memodifikasi dan memperbaiki ejaan, penulisan, dan tata bahasa dari naskah yang diterbitkan.
  7. Memeriksa dan mengedit tes dan percobaan artikel akan dilakukan oleh editor dan penulis. Artikel yang telah diuji dan diujicobakan dapat dibatalkan dari publikasi oleh editor jika artikel tersebut bermasalah.
  8. Setiap hal yang berkaitan dengan lisensi kutipan, penggunaan perangkat lunak komputer untuk pembuatan skrip atau yang lain yang berkaitan dengan HKI dan dilakukan oleh penulis artikel, dan mengikuti konsekuensi hukum yang mungkin timbul karena itu, itu adalah tanggung jawab sepenuhnya penulis artikel.
  9. Penulis yang naskahnya diterbitkan akan mendapatkan 1 (satu) salinan bukti penerbitan. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.

 B.    Struktur Penulisan Umum

Sistem penulisan untuk hasil penelitian  adalah judul, nama penulis, abstrak dengan kata-kata kunci, kata pengantar, diskusi atau analisis, kesimpulan, dan referensi.

1)    Judul harus singkat (terdiri dari 5-12 kata jika ditulis dalam Bahasa Indonesia dan terdiri dari 5-10 kata jika ditulis dalam Bahasa Inggris), lugas dan informatif (mampu menggambarkan isi pokok tulisan). Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan ukuran huruf 12 pts. Tidak memuat rumus matematika atau singkatan yang tidak baku.

2)    Nama Penulis dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama lembaga asal, dan ditempatkan dibawah judul artikel. Penulis harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail.

3)    Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan panjang maksimal 200 kata yang berisi isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode dan hasil penelitian. Jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak diketik dengan font Times New Roman, 11 pts dengan spasi tunggal.

4)    Pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data dilakukan oleh peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.

5)    Metode memuat tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data dilakukan oleh peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.

6)    Hasil dan Pembahasan berisi uraian secara rinci seluruh hasil penelitian beserta analisisnya. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik, gambar dan/atau bagan. Pembahasan berisi pemaknaan hasil, menjawab masalah penelitian, menafsirkan temuan-temuan, mengintegrasikan temuan dari penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah ada, menyusun teori baru atau memodifikasi teori yang sudah ada dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel.

7)    Penutup berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan intisari hasil pembahasan yang berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian. Pada bagian kesimpulan juga harus dikemukakan implikasi hasil peneliti bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebutkan untuk siapa dan untuk apa saran ditujukan. Penutup disajikan dalam bentuk paragraf dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.

8)    Daftar Pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk di dalam naskah. Sumber rujukan yang digunakan 80% berupa sumber-sumber primer seperti jurnal ilmiah atau laporan hasil penelitian dan merupakan pustaka terbitan 10 tahun terakhir agar publikasi yang diterbitkan diperbarui secara konstan atau State of the Art terpelihara dengan baik.

9) Selengkapnya mengenai struktur penulisan dapat dilihat pada template Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
  7. Bibliography and citations are conducted by using application reference such as mendeley, zotero, etc.
 

Copyright Notice

With publication through this journal (Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika), I give the copyright of this article completely (abstract, table, graphic, illustration) to Departemen Sosiologi Education, Faculty of Faculty of Teacher Training and Education, University of Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia, included to republish in any form of media publications.

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.