MENINGKATKAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang)

Atika Nur’aini, Sholih Sholih, Raudah Zaimah Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan melaksanakan dua siklus dalam 3 kali pertemuan setiap siklusnya. Sampel penelitian menggunakan 3 orang siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan 4 orang siswa yang memiliki efikasi diri sedang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan rumus frekuensi relatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Hasil penelitian diperoleh efikasi diri 7 orang siswa meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing.

 

Kata Kunci : Layanan bimbingan kelompok, efikasi diri.

Keywords


efikasi diri

Full Text:

PDF

References


Anwar, Astrid, I D. 2009. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. (Jurnal Penelitian). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Ghufron, dan Rini Risnawita S. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Irawan, Adi. 2013. Efektifitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Yepema Gadingrejo Lampung). (Jurnal Penelitian). Persona, Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. II, No. 1.

Mahyuddin, Muhammad Junaedi. 2016. Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Soial. (Jurnal Penelitian). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling Volume 2 Nomor 1 Juni 2016. Hal 1 – 11.

Putra, Giri Isna. 2013. Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Kelas VII SMP. (Jurnal Penelitian). Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Syahrul, Muhammad. 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa. (Jurnal Penelitian). Journal Of EST, Volume 1, Nomor 1, Juni 2015 hal 46 – 60.

Sulistyowati, Anis Nuril Laili. 2015. Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keteramilan Belajar Siswa. (Jurnal Penelitian). Edukasi : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 10, No. 2, Agustus 2015 hal 413 – 430.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2014. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IPI