PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA

Suprianto Suprianto, S. Ida Kholida, Herman Jufri Andi

Abstract


Berdasarkan hasil wawancara terbatas dengan sebagian guru IPA fisika MTs di kecamatan Camplong Kabupaten Sampang didapatkan informasi bahwa hasil belajar siswa masih rendah dibawah KKM yang sudah ditentukan pihak sekolah. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran, proses pembelajaran masih bersifat teacher centered sehingga sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan nyata. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh pendekatan CTL berbantuan media powerpoint terhadap peningkatan hasil belajar IPA fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimen dengan menggunakan Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif bentuk pilihan ganda. Tes ini terdiri dari empat pilihan (opsi) dan hasilnya diuji melalui statistik uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 10,81 sedangkan ttabel sebesar 2,021 pada taraf signifikansi 0,05 atau dapat diketahui thitung > ttabel. Dari perhitungan N-gain, dapat dinyatakan bahwa peningkatan hasil belajar fisika yang diterapkan pendekatan CTL berbantuan media powerpoint lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional yaitu 0,71 > 0,52. Berdasarkan hasil analisis statistika dan deskriptif maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan CTL berbantuan media powerpoint terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa di kelas VIII MTs.

Keywords


Contextual Teaching and Learning, hasil belajar siswa, media powerpoint

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan kontekstual (Pendekatan contextual teaching and learning). Dirjen Pendidikan lanjutan pertama.

Fauzah, Nor Fitri. 2013. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media powerpoint terhadap hasil belajar kimia. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Hasnawati. 2006. Pendekatan contextual teaching and learning hubungannya dengan evaluasi pembelajaran. Jurnal ekonomi dan pendidikan. Vol.3. no.1.

Kusdwiutomo. 2008. Pengaruh pembelajaran fisika dengan media powerpoint disertai animasi dan modul dilengkapi alat peraga terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kreativitas siswa. Universitas Sebelas Maret.

Qisthy, Aji Munda Febri dkk. 2012. Efektifitas pendekatan contextual teaching and learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP. Economic Education Analysis Journal. ISSN 2252-6544.

Rahmawati. 2009. Pengaruh contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pada lingkungan bernuansa nilai. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Trianto. 2007. Model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2019 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.