REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA BERTIPE KEPRIBADIAN SANGUINIS

Rina Oktaviyanthi, Yani Supriyani

Abstract


Penelitian ini memokuskan pada salah satu aspek daya matematis yaitu representasi matematis yang dikaitkan dengan karakteristik unik pada diri mahasiswa. Karakteristik unik mahasiswa dalam kegiatan belajar menjadi salah satu fokus yang perlu dipertimbangkan dosen dalam merancang pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa.Salah satu karakteristik unik yang dapat ditelusuri pada diri mahasiswa adalah kecenderungan pola kepribadian yang dalam penelitian ini merujuk pada pola kepribadian Hippocrates Galenus yaitu Sanguinis, Melankolis, Kholeris, dan Phlegmatis.Tujuan dari studi ini adalah mendeskripsikan representasi matematis mahasiswa dengan tipe kepribadian Sanguinis.Deskripsi representasi matematis tersebut didasarkan pada hasil pekerjaan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika. Ada empat indikator teknis representasi matematis yang dijadikan ukuran dalam menganalisis hasil pekerjaan mahasiswa.Metode yang digunakan untuk mengetahui gambaran representasi matematis mahasiswa tipe Sanguinis dalam penyelesaian soal adalah menyelesaikan soal dengan wawancara (task-based interviews).

 

Kata kunci: Representasi Matematis, Kepribadian, Sanguinis.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika