IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA

Ika Wahyu Anita

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif akan mendorong seseorang untuk senantiasa berinovasi, sehingga mahasiswa perlu dilatih untuk menumbuhkan ketrampilan tersebut. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa yang masih rendah menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika di STKIP Siliwangi yang menempuh mata kuliah Struktur Aljabar berjumlah 54 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, pedoman observasi dan wawancara. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dari siklus pertama hingga siklus kedua.

 

Kata kunci: Pembelajaran berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika