KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN COGNITIVE APPERTICESHIP

Frena Fardillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan menelaah kemampuan representasi matematis mahasiswa teknik industri melalui pembelajaran cognitive apperticeship. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimen dengan mengunakan random kelompok, sehingga melibat dua sampel kelompok yang dipilih secara acak, yaitu sampel kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori dan sampel eksperimen yang menggunakan pembelajaran cognitive apperticeship. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis. Penelitian ini dilakukan pada materi statistik industri II dengan jumlah mahasiswa pada kelas kontrol sebanyak 22 mahasiswa serta kelas eksperimen sebanyak 22 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran cognitive apperticeship lebih baik dari mahasiswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori.

 

Kata kunci: Representasi Matematis, Cognitive Apperticeship.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika