ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN PENGAWU

Indah Suciati, Dewi Sri Wahyuni

Abstract


This research aims to describe and analyze students' errors in solving the problem on the matter of fractional counting operations. The type of research used is descriptive explorative research with mixed methods. The population of this research is the students of grade V SDN Pengawu with the number of research subjects of 35 students. The results obtained that the concept error on fractional counting operations amounted to 53.86%, principal errors of 41.22%, and error calculation of 4.92%. For fractional addition operations, concept errors of 80.70%, principal errors of 13.16%, and calculation errors of 6.15%. For reduction operations, concept errors of 44.53%, principal errors of 49.92%, and calculation errors of 6.25%. For multiplication operations, concept errors are 50.00%, principal errors of 45.59%, and calculation errors of 4.42%. For fractional division operations, concept errors of 40.17%, principal errors of 57.26%, and calculation errors of 2.57%.

 

Keywords:  analysis of errors, concepts, principles, calculations, fractional counting operations.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Abidin, N.L. Zainal, & Ali, Marlina. 2015. Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems for Topic of Fraction. Asian Social Science; Vol. 11, No. 21. ISSN: 1911 – 2017, E – ISSN: 1911 – 2025. www.ccsenet.org/ass.

Fitriyani, Khannatul. 2009. Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Matematika Bentuk Uraian pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Guntur. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Herholdt, Roelien & Sapire, Ingrid. 2014. An Error Analysis in the Early Grades Mathematics – A Learning Opportunity? South African Journal of Childhood Education – 4(1): 42 – 60. ISSN: 2223 – 7674.

Hidayat, Rifqi & Nurrohmah. 2016. Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, Vol. 9, No. 1, hal: 12 – 19. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.975.

Idris, Sultan & Narayanan, L. Maheswari. 2011. Error Patterns in Addition and Subtraction of Fractions among Form Two Students. Journal of Mathematics Education, Vol. 4, No. 2, pp. 35 – 54. www.educationforatoz.com/images/Idris.pdf.

ISIK, Cemalettin & KAR, Tugrul. 2012. An Error Analysis in Division Problems in Fractions Posed by Pre-Service Elementary Mathematics Teachers. Educational Scinces: Theory & Practice – 12(3). Summer. 2303 – 2309. Educational Consultancy and Research Center. www.edam.com.tr/estp.

Lusiana, Restu. 2017. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Himpunan ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, Vol. 10, No. 1, hal: 24 – 29. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1290.

Nuraini, Ni Luh S., Suhartono, & Yuniawatika. 2016. Kesalahan Siswa pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Vol. 25, No. 2, hal: 168 – 175, ISSN: 0854 – 8285, E-ISSN 2581-1983. http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i22016p168.

Nuriyah, Fajar Elmy. 2015. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Persamaan dan Fungsi Kuadrat pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramlah. Bennu, Sudarman & Paloloang, Baharuddin. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 2. P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391. https://media.neliti.com/media/publications/91536-ID-analisis-kesalahan-siswa-dalam-menyelesa.pdf.

Saputro, Bagus Ardi. 2016. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Belajar Operasi Pecahan Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, Vol. 9, No. 1, hal: 63 – 72. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.981.

Suciati, Indah. 2010. Penerapan Gaya Belajar Model Kolb untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Daerah Lingkaran di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Palu: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidiikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Uno, Hamzah B. & Kuadrat, Masri. 2009. Mengelolah Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zakaria, Boby & Ratu, Novisita. 2016. Tipe-tipe Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Segi Empat. (http://www.widyasari-press.com/index.php?option=com_content&view=article&id=675:tipe-tipe-kesalahan-siswa-dalam-menyelesaikan-soal-cerita-pada-materi-segi-empat&catid=84:2014-08-10-jurnal-mei-2014&Itemid=2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika