IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Kisty Handayani, Bambang Suteng Sulasmono, Eunice Widyanti Setyaningtyas

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan di SDN 2 Tanduk Ampel Boyolali dari Maret 2019 sampai dengan Juni 2019 dan melibatkan 22 siswa dan 1 guru kelas V. Penelitian dirancang menjadi 2 kegiatan siklus pembelajaran dan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil observasi, nilai respon belajar peserta didik berkategori sangat baik : siklus I sebesar 90,7 % dan siklus II sebesar 88,4%. Hasil angket berpikir kreatif siswa prosentase peserta didik yang berpredikat kurang hanya tinggal 4,5% dan yang berpredikat baik bertambah menjadi 18,2%. Pencapaian prosentase ketuntasan  meningkat pada siklus I adalah 63,6% dan pada siklus II adalah 95,5%.

 

Kata kunci: Metode Problem Solving, Berpikir Kreatif, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Anwari, Reza. (2017). Desain Didaktis Interaktif Problem Solving Matematis Pada Pokok Bahasan Kesebangunan SMA Negeri Cahaya Madani Boarding School. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol.10-No 1. 2017.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Starategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Effendi, Adang. (2016). Implementasi Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol. 9-No 2. 2016.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Harmini, Sri. (2011). Matematika untuk PGSD. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Ibrahim, Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta : Suka-Press.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Rajawali Pers.

Mairing, J. P. (2017). Thinking Process of Naive Problem Solvers to Solve Mathematical Problems. International Education Studies, 10(1). [Online] Tersedia: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1124786.pdf.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Sumedang : UPI Sumedang Press.

McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Poland : Open University Press.

Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Ramlah & Rippi Maya. (2018). Implementasi Pendekatan Problem Solving Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Serta Habits Of Mind Siswa MTS. Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol. 11-No 1. 2018.

Sudarma, Momon. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Supardi. (2012). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif. Vol 2-No 3. 2012.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Udin, Tamsik & Nurul Hikmah. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving terhadap hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Legok 1 Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Guru MI. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Vol. 1-No 1. 2014.

Wahyudi, Agung. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Belajar Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) pada Siswa Kelas VIID SMP N 2 Depok. Thesis. UNY.

Worthington, M. (2006). Creativity Meets Mathematics. [Online] Tersedia: http://ww.childrens-mathematics.net/creativity_meets_mathematics.pdf

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika