SKALA MOTIVASI AKADEMIK MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR SELF-DETERMINATION MATEMATIS DI PERGURUAN TINGGI

Cecep Anwar Santosa, Didi Suryadi, Sufyani Prabawanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen motivasi akademik dalam pembelajaran matematika berdasarkan teori self-determination matematis. Sebelum diujikan, draft instrumen divalidasi terlebih dahulu oleh ahli. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika sebanyak 64 orang. Instrumen terdiri atas 28 pertanyaan yang dikembangkan berdasarkan kontinuum teori self-determination, yaitu amotivasi, motivasi ekstrinsik, dan intrinsic. Rumusan masalah penelitian ini adalah, bagaimana deskripsi dan uji kesamaan rerata data respon, bagaimana konsistensi internal instrumen, apakah terdapat sebuah pola simpleks diantara subskala pada instrumen yang dikembangkan, dan bagaimana korelasi antara kontinuum subskala dan variabel lainnya. Hasil penelitian menunjukkkan; pertama, dari hasil uji kesamaan rata-rata, respon antar subsampel 1 dan 2 relatif  homogen, kedua, konsistensi internal instrumen secara umum terkategori tinggi, ketiga, korelasi antar subskala menunjukkan adanya struktur simpleks yang menunjukkan validitas skala instrumen yang disusun, keempat, korelasi antar subskala dengan variabel lain yang berhubungan (dalam hal ini capaian akademik) menunjukkan kesesuaian.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika