KORELASI ANTARA MATEMATIKA DASAR DENGAN FISIKA DASAR

Rudi Haryadi

Abstract


Korelasi adalah suatu kenyataan yang menunjukkan keeratan hubungan dua variabel atau lebih serta besarnya hubungan antara variabel tersebut yang didasarkan pada penelitian ilmiah. Berdasarkan ilmunya, matematika merupakan tool untuk dapat memecahkan persoalan-persoalan fisika, karena pada kenyataannya memang fisika tidak terlepas dari perhitungan matematis seperti menjumlah, mengurangi, mengalikan, mendeferensialkan, mengintegralkan dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat memperoleh realitas atau penguatan tentang korelasi nilai anatara Matematika Dasar dengan Fisika Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu menganalisisnya dengan menggunakan metode perhitungan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat korelasi sangat tinggi, yaitu r=0,99. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Matematika Dasar sangat berhubungan erat dengan hasil yang dicapai pada nilai Fisika Dasar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika