Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Fondasi bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan publikasi riset yang terkait dengan bidang Teknik Sipil secara umum yang meliputi bidang struktur, geoteknik, sumber daya air, transportasi dan manajemen rekayasa konstruksi. Publikasi hasil penelitian diharapkan meliputi dan tidak terbatas pada hal-hal berikut:

  1. Pembahasan dan eksplorasi teori-teori baru terkait dengan bidang Teknik Sipil.
  2. Penerapan dan desain secara eksperimental dan/atau analisis.
  3. Studi kasus terkait bidang Teknik Sipil.
  4. Penggunaan teknologi dalam penyelesaian masalah di bidang Teknik Sipil.
  5. Observasi secara empiris hingga mendapat suatu kesimpulan.
  6. Analisa data sesuai dengan kaidah penelitian.

Diharapkan naskah yang akan dipublikasikan tersusun antara 4000 hingga 6000 kata dan ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar namun tidak menutup kemungkinan untuk ditulis dalam Bahasa Inggris.  

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Review

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses review dilakukan secara tertutup artinya reviewer dan author tidak saling mengetahui. Jumlah reviewer yang dilibatkan adalah satu orang per satu artikel dalam proses submit artikel. Penilaian reviewer terhadap artikel terdiri dari penilaian konten, kesesuaian konten terhadap keilmuan jurnal, dan referensi yang digunakan. Adapun proses review membutuhkan waktu kurang lebih 2 (dua) minggu. Prinsip pelibatan reviewer didasarkan pada kompetensi reviewer dalam keilmuan jurnal serta melibatkan reviewer yang berasal dari luar Untirta.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

Umum

Jurnal FONDASI Teknik Sipil Untirta mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang teknik sipil yang telah dilakukan proses peer-review. Jurnal FONDASI terbit rutin 2 (dua) kali setiap tahun. Fokus artikel dalam jurnal FONDASI meliputi hasil penelitian bidang teknik sipil baik dalam bentuk kajian teori dan praktis, studi kasus, pengembangan desain dan aplikasinya. Secara khusus bidang teknik sipil yang dimaksud adalah bidang ilmu struktur, material, geoteknik, manajemen rekayasa konstruksi, transportasi, sumber daya air dan lingkungan.

 Tanggung Jawab Editor

  • Editor bertanggung jawab dalam memutuskan artikel-artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal FONDASI. Editor turut serta memperhatikan isu hak cipta dan plagiarisme dari artikel-artikel yang akan diterbitkan.
  • Editor mengevaluasi naskah artikel secara jujur dan bertanggung jawab tanpa memandang latar belakang penulis, jenis kelamin, suku, agama, ras dan bangsa.
  • Editor bersama tim reviewer dan tim jurnal lainnya senantiasa menjamin kerahasiaan identitas penulis naskah artikel. Selain itu, selalu menjaga agar naskah-naskah artikel yang tidak diterbitkan tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

 Tanggung Jawab Reviewer

  • Reviewer turut serta memberi pertimbangan kepada editor dalam memutuskan naskah-naskah artikel yang akan dipublikasikan.
  • Tim reviewer diwajibkan melakukan review secara cepat dan tepat waktu.
  • Senantiasa memperlakukan seluruh naskah artikel sebagai dokumen rahasia dan seluruh tim reviewer wajib menjaga kerahasiaan tersebut.
  • Reviewer wajib menjunjung tinggi objektivitas dalam melakukan review naskah-naskah artikel.
  • Reviewer diharapkan dapat mengidentifikasi naskah-naskah artikel yang melanggar etika publikasi seperti hak cipta dan plagiarisme. Dalam hal ini, diskusi dengan editor adalah hal yang diperlukan.
  • Reviewer diharapkan tidak melakukan review terhadap naskah-naskah artikel yang terindikasi memiliki conflict of interest.
  • Reviewer wajib melakukan pengecekan similarity index terhadap naskah-naskah artikel.

 Tanggung Jawab Penulis Artikel

  • Penulis naskah artikel wajib memenuhi standar penulisan jurnal. Seluruh informasi dalam penelitian harus disampaikan secara akurat dalam naskah termasuk data-data dan referensi yang mendasarinya, dengan tujuan sebagai dasar penerapan dan pengembangan penelitian lebih lanjut baik oleh penulis sendiri maupun oleh peneliti lain.
  • Seluruh penulisan sitasi, footnote dan/atau daftar pustaka wajib memenuhi standar penulisan dan senantiasa menggunakan perangkat lunak seperti Endnote, Jabref, Microsoft Word (built-in), Mendeley dan sebagainya.
  • Penulis diharapkan selalu terbuka mengenai data mentah dalam penelitian apabila sewaktu-waktu tim editor, pembaca atau peneliti lain membutuhkannya.
  • Penulis wajib menjamin bahwa tulisan dan penelitiannya merupakan hasil karya yang asli/original serta selalu menyatakan/menyantumkan sumber-sumber atas informasi dan/atau teori yang disampaikan.
  • Naskah yang diserahkan/di-submit tidak boleh naskah yang sedang dilakukan review di jurnal lainnya. Dengan kata lain penulis dilarang menyerahkan naskah yang sama pada lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap etika publikasi.
  • Kepengarangan dalam setiap naskah artikel harus dijunjung tinggi. Dengan kata lain, tim penulis artikel seluruhnya memiliki kontribusi yang signifikan baik dalam pengembangan konsep, desain hingga eksekusi.  Untuk penulis-penulis yang tidak memiliki kontribusi signifikan namun memiliki peran tambahan dapat dinyatakan dalam bagian pernyataan/acknowledgement.
  • Seluruh bentuk dukungan finansial (jika ada) wajib dicantumkan dalam pernyataan/acknowledgement.
  • Segala tools yang digunakan dalam penelitian diharapkan tidak melanggar hak cipta.

 

Open Access Policy

Jurnal Fondasi mengakomodir akses bebas dan terbuka (open access) untuk seluruh artikel yang dipublikasikan. Hal ini sebagai bentuk dukungan sharing ilmu yang lebih luas dan tidak terbatas.

Seluruh artikel pada Jurnal Fondasi tersedia di internet full text, seluruh pengguna dapat dan diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak secara legal baik dalam bentuk tautan maupun dalam bentuk cetakan langsung untuk tujuan sitasi dan tanpa tujuan finansial pribadi.